REI & Denpom Wujudkan Harapan Gubernur

SEMARANG (Asatu.id) – REI Komisariat Semarang & Solo, bersama Denpom IV/5 Semarang, Senin (21/9/2020) mulai membongkar rumah Veteran Perang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Kapten CPM Purn Sanjoto di Jalan Belimbing Raya No 34 Peterongan Semarang.

Pembongkaran dilakukan dalam rangka rehab rumah yang sudah tak layak huni sebagaimana harapan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo saat berkunjung ke rumah Sanjoto (90) setelah peringatan HUT RE ke-75 belum lama ini.

Sebelumnya Sanjoto dikunjungi Ganjar Pranowo saat nyepeda ke daerah Peterongan Semarang Selatan. Saat bertandang ke rumah mantan pengawal dan pengaman rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman saat di Wonogiri 1948, Ganjar merasa prihatin menyaksikan rumah Sanjoto yang sudah tak layak huni.

Akhirnya Ganjar yang datang bersama Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM Okto Femula, mengutarakan ingin merehab rumahnya yang rusak parah.

Gubernur menunjuk Dandenpom IV/5 Semarang untuk mengatur proses rehab atau bedah rumah dan akhirnya menggandeng REI Komisariat Semarang dan Solo untuk menangani.

“Kami segera bertindak cepat dengan menggandeng REI Semarang dan Solo. Kebetulan mereka adalah mitra kami yang selalu memberi support untuk rehab rumah veteran maupun asrama prajurit. Dibantu dengan CSR mereka lah kita akan bisa mewujudkan harapan Pak Sanjoto tinggal di rumah yang layak”, ujar Mayor CPM Octo Femula SH MHan saat acara Selametan Memulai Bedah Rumah, Senin (21/9).

Sementara Nur Widhi Wijatmoko Ketua Pelaksana Bedah Rumah Veteran Sanjoto didampingi Dewan pengarah Sunatha Liman Said mengungkapkan bahwa REI mendukung upaya Gubernur Jawa Tengah mewujudkan rumah layak bagi veteran seperti halnya rumah Bapak Sanjoto.

Oleh karenanya, demi kenyamanan dan kelayakan maka rumah veteran yang pernah mengawal Panglima Jenderal Sudirman akan diperbaiki total. Kalau perlu ada yang dirobohkan maka akan kami robohkan sehingga tak akan membahayakan penghuninya karena kondisinya sudah tidak kuat”, ungkap Widhi.

Ketua Markas Daerah LVRI Jawa Tengah Kol Purn Amin Munadjad dalam sambutan acara potong tupeng selamatan yang digelar di rumah Sanjoto menyampaikan terima kasihnya kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang telah menginisiasi pemugaran rumah veteran PKRI Kapten CPM Purn Sanjoto.

“Kami sampaikan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan kepada veteran kemerdekaan seperti pak Sanjoto. Kini ada 700 veteran PKRI tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah. Keberadaannya semakin hati semakin menyusut karena faktor usia. Jadi setiap hari saya selalu menerima kabar satu per satu mereka berpulang. Oleh karena itu perhatian ini sangat berarti bagi para mantan combatan yang gigih merebut kemerdekaan dan mempersembahkan kepada kita semua”, kata Amin Munadjad.

Menurut Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM Okto Femula, diperkirakan bedah rumah akan memakan waktu 1,5 bulan. “Semoga saja lancar dan menurut rencana yang akan menyerahkan nanti setelah jadi adalah Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo dan Danpuspomad Letjen TNI Dodik Widjanarko dalam momentum Peringatan Hari Pahlawan 2020.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *