Mahasiswa KKN Undip Melakukan Workshop Bussines Model Canvas Kepada Remaja Di Dusun Tlogo

DEMAK ( Asatu.id)  – Mahasiswa KKN Tim II Undip  2020 dari jurusan Manajemen, Eva Mayangsari memberikan Workshop Business Model Canvas kepada home industry untuk generasi milenial di Dusun Tlogo Desa Batursari, Mranggen, Demak.

Dia mengatakan, di era milenial seperti sekarang ini sangat diperlukan munculnya wirausaha dengan berbagai taktik dan strategi yang harus mereka punyai agar mampu bersaing dan selalu dapat berinovasi agar bisnis tetap konsisten dan berjalan. Melihat fenomena bisnis seperti itu maka para pengusaha dan calon pengusaha harus mempunyai ilmu untuk melawan kerasnya dunia bisnis.

Business Model Canvas (BMC) sendiri adalah model bisnis yang terdiri dari 9 (sembilan) blok area aktivitas bisnis yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, mampu memenangkan persaingan, serta sukses dalam jangka panjang. Manfaat dari penerapan Business Model Canvas (BMC) adalah membangun relasi dengan konsumen, meningkatkan penjualan, menghadapi pesaing, memastikan bisnis berjalan, dan memiliki sistem bisnis yang baik. Eva melaksanakan program individu dengan cara door to door. “Saya melakukan pelatihan Business Model Canvas dengan cara memberikan bagan yang berisikan 9 blok aktivitas bisnis yang akan diisi oleh para peserta”.

Antusias remaja Di Dusun Tlogo sangat tinggi menyambut kegiatan ini, karena mereka banyak yang mempunyai usaha namun masih belum bisa membuat strategi dalam pengembangannya. Menurut Bakti, Selaku salah satu peserta mengatakan, dengan adanya pelatihan Workshop Business Model Canvas ini, dirinya merasa terbantu. “Setelah pelatihan, saya dapat merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam bisnis”. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan remaja Di Dusun Tlogo merasa sangat terbantu untuk mengembangkan usaha mereka dalam memetakan 9 blok aktivitas bisnis di dalam Business Model Canvas tersebut. Kegiatan ini harapannya dapat meningkatkan penjualan dalam usaha rumahan di Dusun Tlogo Desa Batursari.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *