Usaha Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Bisnis Rumahan

Semarang ( Asatu.id)  – Mahasiswa KKN asal Universitas Diponegoro, Alexandra Parahita menginisiasi adanya edukasi pengenalan dan penggunaan sosial media dalam mengenalkan dan mengembangkan bisnis. Pemberian edukasi dan buku panduan ini dilakukan di 6 usaha skala kecil rumahan di sekitar Perumahan Ketileng Indah, Kelurahan Sendangmulyo, Tembalang, Semarang. Usaha ini meliputi Akademi Kopi Ketileng, Kopi Pesona, Sepatuku, Gomu Cheesetea, Rencang Semarang Jus, dan HanHen Toko Listrik.

“Adanya pandemi COVID-19 saat ini sudah merubah kebiasaan berbelanja masyarakat hampir diseluruh Indonesia menjadi berbasis online. Sekarang semua orang kalau mau beli sesuatu lihat dulu media sosialnya, mereka ada e-commerce atau enggak. Nah kalau usaha rumahan ini tidak beradaptasi dengan hal ini ya bisa tutup lama-lama” ungkap mahasiswi asal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini tentang alasan dibalik mengadakan program kerja ini.

Lebih jauh lagi, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari 23 Juli 2020 hingga 25 Juli 2020 dengan mendatangi lokasi usaha satu persatu. Cara ini dimaksudkan untuk mengikuti protocol kesehatan yang dianjurkan pemerintah agar tidak berkerumun. Disebutkan oleh salah satu pelaku usaha, Clara Tyas, bahwa kegiatan ini sangat membantunya untuk memperluas market mereka “Adanya edukasi ini menambah insight baru bagi usaha kami. Sebenarnya kami sudah memiliki media Instagram sebagai media pemasaran namun belum massive, dengan adanya edukasi ini ya akan kami perbaiki lagi.”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *