Launching Digital Signature Layar Semar BPKAD Kota Semarang Gandeng Bank Jateng

SEMARANG (Asatu.id) – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Semarang melaunching digital signature Anjungan “Layar Semar” dengan menggandeng Bank Jateng.

Kegiatan Launching tersebut berlangsung di Gedung Moch. Ichsan Lantai 8 Balaikota Semarang pada hari Selasa 4 Agustus 2020.

Anjungan “Layar Semar” yang di launching ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pencairan anggaran di BPKAD.

Petugas Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diberikan sosialisasi dan Pelatihan terkait dengan pelaksanaan teknis tersebut.

Kepala BPKAD Kota Semarang, Endang Sarwiningsih mengatakan dengan adanya aplikasi digital signature Layar Semar yaitu layanan pembayaran pengajuan SPP dan SPM ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pencairan anggaran di BPKAD

“Sebelumnya pada saat ingin mencairkan anggaran di BPKAD, organisasi perangkat daerah (OPD) membutuhkan waktu sekitar dua hari atau lebih. Selain itu pencairan juga membutuhkan banyak kertas untuk berkas-berkas yang diajukan,” ujar Endang.

Endang melanjutkan, adanya digital signature Layar Semar ini akan sangat mempercepat proses pencairan anggaran di BPKAD, yang mana hanya memakan waktu dua hingga empat jam.

“Selain mempermudah, mempercepat, dan paperless. Layanan ini juga dapat mengurangi kontak fisik dengan petugas BPKAD, sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus covid-19 di masa pandemi seperti saat ini,” terang Endang

“penggunaan aplikasi ini nanti setiap OPD dalam mengajukan SPP, SPM dan SP2D tidak perlu lagi datang ke BPKAD, dimana sebelum-sebelumnya para bendahara ini datang ke BPKAD untuk mengajukan pembayaran” imbuhnya.

Adapun Pemimpin Bidang Pemasaran Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang, Adhi Setiawan mengungkapkan launching digital signature Layar Semar ini sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan sinergitas Bank Jateng dengan Pemerintah Kota Semarang utamanya untuk peningkatan pengelolaan keuangan daerah agar lebih efektif dan efisien.

“Kami akan mendukung terus terkait upaya dan inovasi dari pihak Pemerintah Kota yang berkecimpung di pengelolaan keuangan daerah dan yang bersinergi dengan Bank Jateng. Kedepan apabila akan ada inovasi-inovasi yang diberikan, kami juga akan terus mendukung” ucap Adhi

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi kemudahan yang diberikan ini.

“Ini merupakan satu program atau temuan bagus yang berguna untuk mempercepat pengurusan pencairan anggaran di BPKAD, semoga kedepannya dengan adanya Layar Semar ini dapat semakin mempermudah,” ujar Ita, demikian sapaan akrabnya.

Disamping itu, Ita juga mengimbau agar layanan Layar Semar ini untuk terus dipantau selama masa penggunaannya.

“Jangan sampai karena semua orang masuk di sistem ini, akhirnya menjadi hang atau eror. Perlu diperhatikan penggunaan Layar Semar ini, khususnya juga untuk penyimpanan data yang ada” tandasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *