Stasiun Semarang Tawang Sediakan Fasilitas Rapid Test dengan Harga Terjangkau

SEMARANG (Asatu.id) – PT KAI Daop IV Semarang bekerjasama dengan PT Rajawali Nusindo menyediakan rapid test untuk para pelanggan atau calon penumpang kereta api di Stasiun Tawang. Untuk mendapatkan layanan itu, pelanggan hanya menunjukan kode booking (aktif) kereta api.

Layanan yang dimulai Kamis (30/7/2020) tersebut dipatok seharga Rp85.000. Adapun layanan rapid test dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB dengan menyediakan layanan 100 rapid test tiap hari.

“Fasilitas ini mulai beroperasi pada Kamis (30/7) dengan jam pelayanan 07.00 s.d. 19.00 WIB dan penyediaan reagent rapid sebanyak 100 buah/hari,”  kata Kadaop IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso.

Nurul Huda juga menjelaskan, pengadaan rapid test dengan harga terjangkau itu sebagai bukti bahwa PT Kereta Api Indonesia telah melakukan langkah-langkah konkrit dalam melayani para pelanggan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru yang berada di wilayah stasiun dan selama perjalanan kereta api.

Langkah-langkah tersebut dilakukan terkait mulai diberlakukannya kembali perialanan KA reguler jarak jauh secara bertahap. Langkah tersebut sesuai dengan prosedur yang dipersyaratkan sesuai SE No 9 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, lanjut Nurul Huda, yakni penumpang diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 °C, wajib menggunakan masker, dan dianjurkan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Selain itu, khusus penumpang jarak jauh akan disediakan fasilitas face shield di pintu masuk boarding stasiun dan juga diharuskan melampirkan surat keterangan uji tes PCR maupun rapid test Covid-19 dengan hasil non reaktif (negatif) dari instansi yang berwenang dan berlaku selama 14 hari sejak tanggal dikeluarkan.

Selama pelaksanaan ini, petugas di lokasi tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 yakni
dengan mengenakan APD berupa face shield, baju hazmat, hands glove; penyediaan hand sanitizer
& tempat sampah medis; serta melakukan disinfektan lokasi secara teratur.

Kehadiran layanan ini diharapkan mobilitas masvarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat
sampai di tujuan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *