Masa Pandemi, Sepeda Makin Di Gemari

SEMARANG (Asatu.id) – Tren sepeda yang sedang ramai di masa New Normal membuat pengguna sepada di Kota Semarang jumlahnya berakali-kali lipat dari hari sebelum virus Covid-19.

Selain sehat, menggunakan sepeda pun menjadi penghilang jenuh karena kebijakan pemerintah yang menerapkan Work from Home, dan mengganti sektor pendidikan dari offline menjadi online.

Purwanto Wibowo Owner Marin Gallery Sepeda sejahtera, menjelaskan bahwa masyarakat memilih gowes karena aman dari risiko tertular virus corona, daripada berdesakan dalam transportasi umum. Di sisi lain, bersepeda tergolong simpel, terjangkau, dan ramah lingkungan.

“Pada kegiatan sabtu seru ini, kami bersama rekan rekan dari Polsek Semarang Tengah gowes bersama, pada kesempatan hari ini gowes dibimbing oleh Kompol Kemas Indranotonegoro selaku Binkar SDM Polda Jateng,” terang Purwanto sapaan akrabnya, Sabtu (25/7).

Sebenarnya gaya hidup bersepeda sudah cukup lama dijalani oleh masyarakat kita, tambah Purwanto tapi mayoritas hanya untuk kebutuhan hobi atau olahraga.

“Gandrung sepedaan bisa jadi pertanda masyarakat lebih peduli dan menjaga stamina tubuh selama dilanda pandemi. Namun geliat tersebut harus dibarengi dengan pemahaman dan patuh pada protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Antara lain wajib menggunakan masker dan menjaga jarak dengan pesepeda lain,” kata Purwanto.

Terpisah Sunatha Liman Said Wakil Ketua Gowes Alimdo Club (GAC) Semarang menambahkan, bahwa komunitas yang di gawanginya bukan cuman sekedar hobi bersepeda saja, tetapi pihaknya juga menekankan untuk mengadakan bhakti sosial.

“Bersepeda selain untuk meningkatkan imun tubuh, kami juga akan selalu mengalang dana buat masyarakat yang membutuhkan yang hingga saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Sunatha.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Sunatha, pihaknya akan menyumbangkan seekor kambing untuk masjid serta bahan pokok buat masyarakat yang membutuhkan.

“GAC Semarang akan terus bersepeda dan berbagi karena kami tergabung dalam komunitas yang berkomitmen bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Sunatha.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *