Dongkrak Kualitas SDM BBPLK Semarang Latih 5.952 Orang di BLK Komunitas

PEKALONGAN (Asatu.id) – Kepala Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK ) Semarang Edy Susanto melakukan perjanjian kerja sama penyelenggaraan pelatihan kerja dengan Balai Latihan Kerja Komunitas Wilayah Barat sebanyak 47 di, Ball Room Hotel Dafam Pekalongan.

Edy sapaan akrabnya menjelaskan, ini merupakan penandatanganan kerja sama yang ketiga .

“Hari ini ada 47 BLK Komunitas yang sudah menandatangani MoU dengan BBPLK Semarang. Pada tahun ini ada 186 BLK Komunitas yang sudah jalin kerja sama,” kata Edy disela-sela memberikan arahan kepada peserta pelatihan, Kamis (9/7).

Dia menjelaskan, BLK Komunitas adalah unit pelatihan kerja yang didirikan dilingkungan komunitas tertentu yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja dan bagi komunitas masyarakat sekitarnya sebagai bekal untuk mencari kerja atau berwirausaha.

“Program pemberian bantuan pelatihan BLK Komunitas telah dimulai oleh Kemenaker sejak tahun 2018. Hal ini fokusnya untuk pengembangan Sumber Daya Manusia,” terang Edy.

Dia mengungkapkan, untuk kali ini setiap BLK Komunitas mendapat bantuan pelatihan kerja sejumlah 2 kelas tiap kelasnya 16 orang. Dan total keseluruhan ada 5.952 orang yang nantinya telah dan akan di latih.

“Untuk pelatihan BLK Komunitas wilayah Barat nantikan akan di berikan pelatihan diantaranya Teknik Informasi Komunikasi, Menjahit, Pengolahan Hasil pertanian, Otomotif, Indrustri Kreatif dan Las dengan durasi 240 jam pelatihan,” kata Edy.

Pihaknya berharap bantuan pelatihan BLK Komunitas ini  dapat meningkatkan akses pelatihan dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan kerja di BLK Komunitas yang tersebar di lembaga pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren dan komunitas lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *