Bersama Melawan Corona, Ketua DPRD Jateng Ajak Masyarakat Terus Berperan Aktif

SEMARANG (Asatu.id) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jateng, menggelar Seminar Pengembangan dan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme di Aula Cendrawasih Kantor Kesbangpol Jateng, Selasa (7/7).

Acara yang dibuka oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Jateng, Haerudin, itu mengangkat tema ‘Peningkatan Peran Elemen Masyarakat dalam Mendukung Pemulihan Bencana Covid-19’.

Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, yang menjadi keynote speaker mengingatkan pentingnya langkah recovery dan pemulihan untuk menghadapi bencana Covid-19. Dia pun mengajak seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu melakukan kegiatan kemanusiaan untuk menghadapi kasus penyebaran wabah menghebohkan itu.

Politikus PDI Perjuangan itu juga menandaskan perlunya masyarakat untuk saling mengingatkan dan menyosialisasikan bahwa virus corona bisa dilawan bersama.

“Teman-teman di sini yang menjadi ketua organisasi di wilayah masing-masing harus terus berperan dan gotong royong bersama masyarakat sekitar. Contoh program Jogo Tonggo yang sudah dilaksanakan. Selain itu, Kepala Desa merupakan pasukan terdepan yang mengkondisikan dan bertanggungjawab atas semua kegiatan warganya,” imbuhnya.

Menurut Bambang, warga yang mampu bisa membantu tetangga sekitar yang lebih membutuhkan karena tidak semua bisa diampu oleh pemerintah. Maka dari itu, peran masyarakat sekitar sangat penting.

“Masing-masing harus berperan. Jika kita sudah berperan aktif mensosialisasikan tentang bagaimana sekarang kehidupan tatanan baru, maka kita bisa kumpul meski dalam jumlah yang ditentukan. Protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan juga tetap dilakukan,” katanya.

Sementara Kepala Kesbangpol Provinsi Jateng, Haerudin, dalam sambutannya berharap saran DPRD itu dapat dipahami dan dapat ditindaklanjuti supaya memberikan manfaat dalam menghadapi berbagai persoalan, serta membangkitkan kembali semangat nasionalisme dalam menghadapi pandemi.

“Masing-masing punya tugas dan peran. Tugas kita sebagai bagian organisasi masyarakat penting untuk saling menguatkan dan bahu membahu dalam menyelesaikan persoalan bangsa ini terutama di Jateng,” kata Haerudin.(adv)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *