Tekan Kematian Akibat Covid-19, Prioritas Tes bagi Kelompok Rentan

SEMARANG (Asatu.id) – Angka kematian pasien Covid-19 di Jawa Tengah mayoritas memiliki riwayat penyakit kronis. Untuk itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta memprioritaskan pengetesan untuk kelompok rentan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat Rapat Koordinasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Jawa Tengah, yang dilaksanakan di Gedung A lantai 2 Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (6/7).

Dalam rapat tersebut juga disampaikan situasi terkini pandemi Covid-19 dan menentukan langkah penanganannya.

“Angka kematian di Jawa Tengah cukup tinggi, dan mayoritas akibat penyakit bawaan. Ternyata diabetes dan darah tinggi itu yang paling tinggi, yang lain ada jantung dan ginjal. Kita minta untuk data seluruh Jawa Tengah diprioritaskan mereka menjadi kelompok rentan, untuk dilakukan tes lebih dulu,” ujar Ganjar.

Selain memprioritaskan tes, ia juga meminta kelompok rentan tersebut dipisahkan dari komunitas. Sebab, dari grafik, angka kematian cukup tinggi diakibatkan oleh penyakit bawaan tersebut.

Kelompok rentan itu, kata Ganjar, juga berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ganjar juga meminta ASN yang memiliki riwayat penyakit kronis untuk dites lebih dulu dan dipersilakan bekerja dari rumah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *