Canangkan Gerakan Bangga Produk Lokal, Mahasiswa Udinus Gandeng UMKM Semarang Untuk Diskusi Bisnis Selama Pandemi

SEMARANG (Asatu.id) – Pandemi covid-19 membawa dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat di Indonesia, untuk mengatasi masalah ini masyarakat banyak yang mulai melakukan usaha rumahan. Karena inilah 3 mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus, Almira Felicia, Anindita Murtiyani, dan Hikmah Dewi membuat acara “Bangga Melokal” di Instagram dengan melakukan IG Live dengan para pengusaha Semarang.

Acara ini akan diselenggarakan selama 2 hari beruturut-turut pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 4 dan 5 Juli 2020. Pengusaha yang turut andil sebagai pembicara dalam acara ini ada dua yaitu, Novita DP seorang desainer dan owner dari My Daily Hijab, Feni Adityarini sebagai owner dari minuman kekinian Sedot.

Menurut Novita, kita harus pintar-pintar mencari peluang dalam bisnis, karena menurut pengalamannya ketika ia memutuskan untuk berhijab, meskipun berhijab ia ingin tetap tampil trendy, kemudian ia membuat kerudung dan baju sendiri sesuai seleranya, karena banyak yang berminat tentang bajunya, ia memutuskan untuk menjadikan peluang bisnis dengan cara bekerjasama dengan tetangganya yang seorang penjahit.
Menurut Feni, berbisnis dengan pasangan juga bisa dijadikan pilihan, karena ia dan suaminya memutuskan untuk membuka bisnis bersama sejak pacaran, yang sekaligus bisa dijadikan untuk prospek kedepan.

“Untuk memulai usaha, harus konsisten dulu deh kuncinya, karena kita bisa goyah tiap saat, jadi pastikan selalu konsisten” ujar Novita (4/7). Sedangkan menurut Feni, “kita ga boleh mikir gagal, harus dicoba realisasikan dulu apalagi kalau masih muda masih banyak ide-ide yang fresh dan menarik.

Ketika merk sudah jadi, jangan lupa untuk daftarkan dahulu agar tidak dijiplak usaha lain” ujar Feni (5/7)
Selain memberikan pembelajaran melalui IG Live, para pembicara juga berbagi kepada para pemirsa yang menonton IG Live dengan cara memberikan giveaway. Giveaway yang diberikan adalah set hijab dan masker produk dari My Daily Hijab serta gratis minuman dari Sedot dengan cara meng-capture IG Live dan memposting di IG Story tentang apa saja materi live yang sudah dipelajari.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *