BBPLK Semarang Lakukan Kerja Sama Penyelenggaraan Pelatihan Dengan BLK Komunitas Binaan

SEMARANG (Asatu.id) – Untuk mengawal pelaksanaan pengembangan SDM di Indonesia melalui pelatihan vokasi, Balai Besar Peningkatan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang melakukan pembinaan penyelengaraan kerja sama pelatihan dengan 79 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Wilayah Timur.

Edy Susanto Kepala BBPLK Semarang menjelaskan, seharusnya kegiatan ini dilaksanakan pada awal tahun 2020. Namun berhubung ada Pandemi Covid -19 kegiatan tersebut ditunda.

“Untuk saat ini dengan adanya tatanan baru yakni New Normal, kami melanjutkan apa yang sudah menjadi program dari Kementrian Ketenagakerjaan,” kata Edy.

Edy menambahkan, untuk gelombang pertama ada 79 BLK Komunitas yang sudah menandatangani perhanjian kerja sama, dan di gelombang kedua ada 107 BLK Komunitas yang akan bekerja sama.

“Memang kita bagi dengan dua tahapan, mengingat protokol kesehatanlah menjadi utama pada saat ini,” tegas Edy.

Nantinya ada 16 orang setiap kelas yang di latih pada tiap-tiap BLK Komunitas yang mendapatkan bantuan dengan ketentuan peserta latih yakni di usia produktif.

“Pelatihan meliputi, Tehnologi Informasi, menjahit, automotif, pengolahan hasil pertanian, las dengan instruktur yang sudah bersetifikasi dan mumpuni di bidangnya,” tutur Edy.

Semua peserta akan dilatih selama 240 jam pelatihan dan setelah itu peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikat. Pelatihan dijadwalkan tanggal 20 Juli 2020 mendatang.

“Yang utama dari pelatihan ini, kami tegaskan bahwa protokol kesehatan selalu menjadi pedoman kita dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Dengan tiap peserta dan instruktur wajib memakai Masker, face shiled sarung tangan, hand sinitezer, cek suhu serta ruang pelatihan sudah kami desain sesuai dengan standart protokol kesehatan,” pungkas Edy.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *