Belajar Animasi Video di Tengah Masa Pandemi

SEMARANG ( Asatu.id) – Tiga Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) melaksanakan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Mayarakat (PKM). Ketiga dosen tersebut adalah Saifur Rohman Cholil, Titis Handayani dan Lenny Margaretta Huizen. Lokasi PKM yang dituntunjuk adalah SMK Walisongo Semarang. Materi pelatihan yang diberikan yaitu membuat animasi video yang baik dan menarik kepada Guru SMK Walisongo.

SMK Walisongo Semarang merupakan sekolah swasta dibidang kejuruan yang mempunyai 2 program keahlian. Salah satu program keahlian yang ada di sana adalah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Dipilihnya lokasi tersebut karena ada mata pelajaran Multimedia yang diajarkan untuk siswa kelas 10. Materi pelajaran multimedia yang diberikan selama ini hanya terbatas pada pembuatan video mulai dari pengambilan gambar, teknik pengambilan video dan mengolah editing video. Sedangkan pembuatan animasi video masih kurang. “Pembuatan video yang baik tidak terlepas dari pembuatan animasi yang menarik. Animasi yang bagus akan menambah nilai dari penayangan video yang telah dibuat” demikian disampaikan Cholil pada saat sesi pemberian materi.

Kegiatan ini dilaksanakan di tengah masa pandemi covid 19, protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan sebelum kegiatan dimulai. Diantaranya menggunakan masker pada saat kegiatan, pengecekan suhu badan pada saat memasuki SMK Walisongo Semarang, dilanjutkan dengan mencuci tangan sebelum masuk ruangan laboratorium yang sudah disediakan. Peserta pelatihan juga dibatasi hanya 11 orang Guru yang mengikuti pelatihan dengan memeperhatikan aturan yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Sesi berikutnya diisi dengan praktek komputer menggunakan aplikasi Adobe After Effect. Diplihnya aplikasi Adobe After Effect karena kehandalaman dalam pembuatan animasi dan banyaknya fasilitas di dalam aplikasi tersebut. Pada sesi ini dipandu oleh Titis Handayani dan Lenny Margaretta Huizen sebagai asisten.

Pada sesi ini menjelaskan dan mempraktekkan cara membuat animasi dengan aplikasi Adobe After Effect. Hal pertama dilakukan pengenalan aplikasi dan cara membuat animasi video dengan logo yang sudah ada. “Nantinya setelah menguasai pembuatan animasi video, para Guru diharapkan bisa mengajarkan kepada siswa untuk mata pelajaran Multimedia” papar Titis dalam penjelasannya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *