Ganjar Ingatkan, Jika Sekolah Dibuka Lagi Persiapan Harus Matang

SEMARANG (Asatu.id) – Usai berkeliling ke beberapa tempat ibadah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga mengunjungi sekolah, Rabu (27/5). Kunjungan Ganjar ke tempat-tempat publik tersebut dalam rangka persiapan penerapan normal baru.

Sekolah yang dikunjungi Ganjar adalah SMPN 7 Semarang. Di tempat itu, ia meminta guru untuk mempersiapkan apabila nantinya sekolah dibuka kembali. Meski tidak dalam waktu dekat, namun persiapan harus dihitung matang termasuk cara siswa masuk, pengaturan tempat duduk dan sebagainya.

“Kota Semarang ini Pak Wali Kota masih memperpanjang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM). Namun, kita harus siap-siap, seandainya grafik turun, kan tidak bisa seperti membuka pintu air sehingga orang keluar seperti air bah,” kata Ganjar.

Penetrasi awal, lanjut dia, harus dilakukan agar masyarakat terbiasa. Untuk itulah, dirinya berkeliling mengecek mall, perkantoran, bank dan hari ini sekolah serta tempat ibadah.

Semua aspek, lanjut Ganjar, harus diuji coba dulu. Ia mencontohkan pemberlakuan kegiatan di Masjid Kauman Semarang yang sudah bagus karena sudah dilakukan persiapan sejak lama.

“Nanti diuji coba dulu, umpama shalat Jumat diperbolehkan lagi dengan jamaah dibatasi dan penerapan protokol kesehatan ketat. Termasuk di gereja, atau sekolah sekolah. Uji coba untuk normal baru ini penting dilakukan agar masyarakat tidak kaget. Mereka akan siap dan mengerti dengan kondisi yang harus dilakukan,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *