Dimana Ada Kesempitan Disitu (selalu) Ada Kesempatan

SEMARANG (Asatu.id)- Wabah virus Corona (Covid 19) melanda dihampir seluruh Negeri, tercatat 34 provinsi di indonesia sudah terjangkit virus(Covid 19) ini. Banyak sektor usaha mengalami penurunan omset bahkan menutup tempat usahanya akibat terdampak wabah corona.

UMKM menjadi salah satu sektor usaha yang terpukul akibat corona, industri pengolahan makanan, batik, pusat oleh-oleh mengalami penurunan pendapatan yang luar biasa, beberapa bahkan harus tutup usaha dan merumahkan karyawan.

“Ya, kami terpaksa menutup tempat usaha dan merumahkan karyawan” ujar Madiyo Sriyanto pemilik salah satu usaha UMKM sektor jasa di kota semarang.

“ini pilihan yang berat, jika harus bertahan tanpa ada pemasukan, sedangkan sampai kapan virus ini berakhir kita semua belum tau” ucapnya kepada Asatu.id via sambungan telp Selasa (26/05/2020).

Banyak pengusaha UMKM lain yang bernasib sama,Pemerintahpun tidak menutup mata atas hal tersebut. Program relaksasi kredit perbankkan sampai bantuan modal usaha UMKM pun sudah diluncurkan.

Semua ada hikmahnya, disaat pandemi seperti ini pelaku usaha UMKM dituntut lebih kreatif dalam menciptakan peluang.

“kita tidak boleh menyerah atau berdiam diri, saatnya mulai merubah haluan usaha dengan menyesuaikan dengan kondisi sekarang” tambah Madiyo

Mulailah melihat peluang, sedikitnya ada 3 (tiga) sektor usaha yang layak kita coba disaat seperti ini, Usaha jasa IT Internet,Usaha Jasa Pengiriman, dan Usaha jasa produksi alat penunjang kesehatan seperti produksi masker dan Hand Sanityser.

Kita harus jeli melihat peluang,dibeberapa kota sudah mulai bermunculan usaha baru hasil adaptasi atas  kondisi New Normal sekarang.”Saya apresiasi teman-teman yang membuka jasa Kurir barang siap antar dan amanah dalam kota, ada juga usaha talagin belanja on line, memproduksi masker skala rumahan untuk di jual on line, ini  akan membuat ekonomi kembali bergerak” tambah Madiyo.

Semoga pandemi Covid 19 ini segera berlalu dan roda ekonomi berjalan normal kembali, kita harus tetap berusaha karena disetiap Kesempitan selalu akan ada Kesempatan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *