Selama Pandemi Dinkop Jateng Serius Siapkan Program untuk UKM

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinkop UKM Jateng, Ema Rachmawati menyampaikan, program 3 juta masker yang merupakan ide Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bertujuan untuk melindungi UKM agar tidak gulung tikar. Para pelaku UKM di bidang fashion dan jahit yang ada di bawah naungan Dinkop UKM, semuanya diberdayakan untuk mengikuti program ini.

“Sampai saat ini, sudah ada 2,1 juta masker kain yang dikirim ke kami. Targetnya 3 juta masker dari para pelaku UKM itu, untuk kami beli dan kami distribusikan secara gratis kepada masyarakat,” kata Ema.

Masker kain hasil UKM itu lanjut dia akan didistribusikan kepada gugus tugas covid-19 di 35 Kabupaten/Kota se Jateng. Selain itu, masker tersebut nantinya juga akan dibagikan kepada para petugas TNI/Polri dan masyarakat serta pedagang di pasar.

“Pesanan sudah banyak, nanti kalau sudah terkumpul semuanya, langsung kami distribusikan. Sementara masih menunggu beberapa daerah yang belum kirim,” imbuhnya.

Selain program masker itu, Ema mengatakan sudah menyiapkan program lain yang akan dilaksanakan selama masa pandemi. Yang terdekat adalah stimulus untuk meningkatkan ekonomi UKM boga di Jateng.

“Seperti yang disampaikan bapak Gubernur, bahwa kami segera melakukan program bantuan untuk UKM boga. Kami sudah menyiapkan anggaran Rp38 miliar untuk membantu bahan baku bagi pelaku UKM boga se Jateng,” kata Ema.

Pemberian stimulus UKM boga itu dinilai tepat mengingat saat ini sudah mendekati lebaran. Apalagi, banyak UKM boga di Jateng yang sudah berjalan dan memiliki pangsa pasar tertentu.

“Mereka masih bisa jalan, tapi memang kesulitan bahan baku. Jadi, nanti kami bantu berikan bahan baku seperti tepung, gula, minyak dan sebagainya. Masing-masing UKM akan mendapatkan bantuan bahan baku senilai Rp3 juta,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *