Upaya Pencegahan Covid-19, Ketua Komisi C DPRD Jateng Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Desa Pandak Banyumas

BANYUMAS (Asatu.id) – Edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya upaya pencegahan penyebaran virus corona, terutama di wilayah Jawa Tengah, terus dilakukan berbagai pihak, baik oleh pejabat pemerintah, lembaga swasta maupun perorangan.

Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto, bersama warga juga melakukan penyemprotan disinfektan di Desa Pandak, Banyumas, Jumat (10/4). Di samping sebagai edukasi terhadap warga, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang sejauh ini masih menjadi ancaman.

Menurut Asfirla Harisanto yang juga politisi PDIP, penyemprotan disinfektan ini juga menindaklanjuti intruksi partainya. Arahannya agar seluruh kader turun ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing, bergerak dalam gotong royong demi kemanusiaan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di bagian luar rumah-rumah warga, pos kamling, serta tempat-tempat yang sering digunakan sebagai titik kumpul penduduk desa. Enam alat semprot digunakan untuk menyisir area Desa Pandak. Beberapa warga tampak antusias membantu, di samping petugas dari Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.

Selain penyemprotan disinfektan, ia juga membagikan ribuan pamflet imbauan tata cara pencegahan virus Corona.

“Pencegahan wabah virus Corona harus dilakukan bersama-sama secara gotong royong. Harapannya penyemprotan disinfektan ini bisa mencegah penyebaran virus Corona sehingga tidak lagi menelan korban jiwa,” imbuh Bogi, panggilan akrab Asfirla Harisanto.

Asfirla mengungkapkan, Banyumas merupakan daerah zona merah penyebaran Covid-19. Hal itu disebabkan karena mobilitas masyarakat yang cukup tinggi. Banyak warga Banyumas yang menjadi perantau bekerja sebagai TKI.

Hingga saat ini masih adan trend kenaikan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Banyumas, per hari ini Rabu (8/4/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan update resmi covid19.banyumaskab.go.id, jumlah ODP ada sebanyak 1.570 orang. Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 70 orang dan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Banyumas saat ini 6 orang.

Oleh sebab itu, Asfirla Harisanto berpesan kepada warga untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah. “Seperti menggunakan masker saat berada di luar rumah, sering cuci tangan menggunakan sabun dan untuk sementara waktu berdiam diri di rumah,” harapnya. (Adv)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *