Mulai 12 April, Penumpang KA Wajib Kenakan Masker

SEMARANG – Terhitung mulai Minggu (12/4), seluruh penumpang kereta api (KA) diwajibkan mengenakan masker atau penutup hidung dan mulut.

Bagi penumpang yang tidak mau mengenakan masker, terpaksa dilarang naik KA dan tiket akan dikembalikan penuh, tanpa ada potongan. Hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas.

Kepala KAI Daop IV Semarang, M Nurul Huda mengatakan, aturan penumpang wajib pakai masker ini, sejalan dengan kebijakan pemerintah sesuai rekomendasi WHO, yang mengharuskan masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Sesuai kebijakan pemerintah, semua penumpang harus memakai masker. Kalau tidak, kami akan menolak dan tiketnya kami kembalikan 100 persen. Begit pula dengan jajaran staf dan pekerja PT KAI, juga diwajibkan  memakai masker,” ujarnya, Rabu (8/4).

KAI lanjutnya, terus mensosialisasikan kebijakan wajib gunakan masker kepada masyarakat melalui pengumuman di stasiun, di kereta, media sosial, dan berbagai media lainnya hingga diberlakukannya mulai 12 April 2020 mendatang.

Dia menghimbau kepada para penumpang untuk menjaga jarak, baik saat di stasiun ataupun di dalam kereta, sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau hand sanitizer, serta tunda perjalanan yang kurang penting dan tidak mendesak.

“Kami PT KAI berharap, penumpang untuk mematuhi aturan tersebut agar dapat mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api,” tutur Huda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *