HUT Ke-57 Bank Jateng Perayaan Sederhana yang Khidmat dan Penuh Makna

SEMARANG (Asatu.id) – Peribgatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-57 PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) dirayakan berbeda yang jauh dari hiruk pikuk keramaian, seperti peringatan HUT-HUT sebelumnya.

Meski demikian, peringatan yang digelar secara sederhana di Kantor Pusat Bank Jateng, Jl Pemuda Semarang, Senin, 6 April 2020 itu, berlangsung khidmat dan penuh makna.

Peringatan HUT tersebut diisi dengan doa bersama, potong tumpeng, peresmian penggunaan lampu solar cell logo 57 Tahun Bank Jateng dan pidato sambutan Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, yang juga diikuti oleh para karyawan di setiap Kantor Cabang secara live streaming serentak.

Dalam sambutannya Supriyatno menyampaikan keprihatinan dengan adanya wabah penyebaran Covid-19, yang telah menimbulkan kondisi kedaruratan.

“Belum pernah kita mengalami situasi yang mengaduk emosi dan menyentuh rasa kemanusiaan kita seperti dewasa ini. Bahkan lebih dari itu, risau mendalam mungkin menyelimuti sanubari kita. Apa yang akan terjadi seandainya virus corona mengenai diri dan keluarga kita. Kesadaran atas renungan semacam itu menjadikan peringatan hari jadi Bank Jateng menjadi semakin bermakna,” papar beliau.

Dirut menyampaikan, perjalanan panjang 57 tahun tersebut membuktikan Bank Jateng sebagai bank pembangunan daerah patut dibanggakan. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan aset dan bisnis yang dibarengi dengan perkembangan teknologi serta sumber daya manusia yang semakin berkualitas.

Ia mengungkapkan, posisi per akhir Maret 2020, aset mencapai Rp 71,108 Triliun, DPK Rp 55.741 Triliun, Kredit Rp 48.864 Triliun. Sedangkan laba usaha sebelum pajak Rp 308 milyar.

Operasi usaha didukung oleh jaringan kantor cabang, KCP dan Kantor Kas, Payment Point, ATM, Kas mobil, EDC, CDM, Agen laku pandai saat ini berjumlah 3091 jaringan layanan operasio-nal.

Ia berharap, Bank Jateng ke depan akan semakin cepat memasuki era layanan digital banking.

Tuntutan atas akselerasi dan peran teknologi semakin terasa mendesak. Seperti halnya segera hadir layanan seperti smart card untuk pensiunan, ready cash, dan mobile banking.

Begitu pula Sumber Daya Manusia, menurutnya, ke depan akan semakin mengarah pada kebijakan strategis diantaranya menyangkut, review proses bisnis dan struktur organisasi, review kamus kompetensi, review performance management, job grading, dan perbaikan penghasilan.

Organisasi menyadari perlunya akselerasi implementasi atas kebijakan ini mengingat dari total pegawai kita per Maret 2020 sebanyak 3,931 pegawai, 2,948 pegawai atau 75,34 persen merupakan generasi milenial atau berusia dibawah 40 tahun yang lahir setelah tahun 1980.

Menyikapi situasi dewasa ini, Dirut mengharapkan, baik di unit-unit kerja Kantor pusat maupun cabang untuk menyikapi dengan seksama beberapa hal diantaranya yaitu melakukan koordinasi dan komunikasi secara cepat atas setiap permasalahan terutama terkait penanganan layanan nasabah.

Selain itu, juga tetap menjaga pola hidup sehat dengan memperhatikan protokol guna menyikapi pandemic Covid19 terutama terkait physical maupun social distancing.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada para pejuang operasional di kantor cabang dan unit-unit layanan.

Saudara berada di garda terdepan, untuk berinteraksi langsung untuk melayani nasabah dan masyarakat.

Saya berharap, Saudara senantiasa menjaga kesehatan, mematuhi protokol yang ada, dan tetap semangat menjalankan tugas operasional sehari-hari,” paparnya.

Peduli Dampak Corona
Dalam situasi pandemi Covid-19 (Corona) saat ini, peringatan HUT Ke-57 Bank Jateng juga diwarnai dengan bakti sosial untuk membantu penanganan dampak Corona.

Seperti yang dilakukan Bank Jateng Cabang Banjarnegara menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara.

Kepedulian dilakukan pula di Bank Jateng Cabang Purwodadi dengan mem-berikan bingkisan kepada para nasabah pensiunan yang bertransaksi. Bingkisan itu berupa susu bagi manula, madu, vitamin, dan roti.

Kegiatan sosial lain dilakukan oleh setiap cabang dan cabang pembantu.

Dalam kesempatan itu, kantor cabang dan cabang pembantu membagikan makanan dan alat kesehatan kepada ojek online serta penyapu jalan dengan mempertimbangkan physical distance.

Dalam sambutannya, Dirut berpesan, agar pada usia Bank Jateng ke-57 itu, menjadi tambahan spirit dan energi untuk membawa Bank Jateng lebih maju.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *