Ini Dia Kelebihan Absensi OnLine

SEMARANG (Asatu.id) – Apakah perusahaanmu saat ini masih menggunakan absensi karyawan dengan mesin pemindai sidik jari yang dipasang di pintu masuk kantor? Mungkin absensi manual tak jadi soal jika perusahaan mewajibkan kehadiran di kantor sebagai syarat penghitungan absensi.

Karyawan datang, mnempelkan jari, lalu mulai kerja. Begitu juga saat karyawan akan pulang. Namun, jika Anda mempekerjakan karyawan yang lebih banyak menghabiskan waktu kerja di luar dan tidak dituntut selalu hadir di kantor, seperti sales atau marketing, maka sistem absensi semacam itu tidak lagi cocok untuk mereka.

Solusinya, Anda perlu menggunakan aplikasi absensi online yang lebih fleksibel namun bebas kecurangan. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya di berbagai tempat terpisah dan memungkinkan Anda memantaunya secara langsung.

Dibandingkan sistem manual, e-absensi online lebih menguntungkan perusahaan karena memiliki kelebihan berikut:

1. Lebih Efisien dari Segi Biaya
Aplikasi absensi online tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi dan pemasangan sistem, sehingga akan menghemat pengeluaran perusahaan. Misalnya, perusahaan mempekerjakan sales di banyak supermarket atau department store, maka Anda tidak perlu membeli dan memasang mesin pencatat kehadiran di setiap tempat mereka bekerja.

Dengan e-absensi, Anda cukup mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakannya lewat smartphone berbasis OS Android atau iOS. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya dengan swafoto di telepon genggam mereka yang sudah terpasang aplikasi.

2. Membuat Karyawan Lebih Produktif
Dengan sistem absensi online, karyawan yang bekerja di luar kantor bisa menghemat banyak waktu tanpa perlu datang ke kantor hanya untuk absen lalu kembali lagi ke tempat mereka bertugas. Daripada membuang waktu di jalan, karyawan bisa lebih produktif dengan fokus di tempat mereka bekerja dan mencatatkan kehadiran lewat aplikasi.

3. Minim Kecurangan
Absen online menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga dapat memverifikasi kehadiran seseorang di suatu tempat. Foto wajah akan dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem, serta posisi pengguna aplikasi memberikan informasi keberadaannya yang terlacak GPS.

Dengan sistem absensi online, karyawan atau siapa pun tidak mungkin melakukan manipulasi atau mengubah data absensi, karena data digital tersebut dienkripsi dan tersimpan aman di server penyedia aplikasi.

4. Memudahkan Analisa Data Kehadiran
Aplikasi absen online memberikan informasi kehadiran karyawan real-time. Sambil meeting di kantor, Anda bisa mengetahui saat itu juga karyawan yang tidak masuk hari ini. Bahkan, saat Anda bertugas di luar kantor, Anda bisa memantau siapa dan berapa orang yang pagi ini datang terlambat.

Dengan sistem kehadiran online, Anda tidak butuh lagi rekap absensi periodik saat membutuhkan data kehadiran karyawan. Informasi real-time sangat berguna jika Anda ingin menganalisa data absensi untuk mengambil keputusan yang sifatnya mendesak.

Empat kelebihan absensi online di atas bisa Anda temukan di aplikasi Ontime by Gmedia. Aplikasi ini memiliki banyak fitur keren yang memudahkan Anda memantau absensi karyawan di berbagai tempat tanpa repot. Selain lebih efisien, aplikasi absensi online juga membantu program pemerintah untuk #workfromhome untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 yang sedang mewabah Indonesia dan dunia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *