Tingkatkan Imunitas dengan Berjemur, Virus akan Tereliminasi


SEMARANG (Asatu.id) – Dhedhe alias berjemur, tiba-tiba menjadi perilaku “wajib” bagi masyarakat setelah muncul virus corona yang menggegerkan. Virus itu konon tak mempan menghadapi panasnya sengatan sinar mentari di kulit manusia.

Ihwal manfaat berjemur, juga diakui secara medis oleh Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSUP dr Kariadi, Sri Yuniarti Rahayu. Menurutnya, dengan kondisi Kota Semarang yang panas, masyarakat seharusnya mudah meningkatkan imunitas. Salah satu caranya dengan berjemur atau dhedhe.

“Di Semarang, matahari bersinar terang. Nah, kalau seperti itu kita bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan imunitas. Secara scientific, ketika imun meningkat, maka kuman penyakit atau virus akan tereliminasi,” jelas Yuniarti.

Ia menjelaskan, waktu paling ideal untuk dedhe adalah pukul 09.00 hingga pukul 11.00. Masyarakat hanya perlu memanaskan badan sekitar 15 menit, kemudian bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

“Di (RSUP) Kariadi kan ada karyawan yang bekerja di dalam gedung, nah mereka kita instruksikan untuk berjemur. Harapannya kita juga bisa maksimal untuk memberikan pelayanan pada masyarakat,” ungkapnya.

Yuniarti menjelaskan, selain berjemur disarankan agar tetap melakukan pola hidup sehat. Seperti makan-makanan bergizi, rajin mencuci tangan dan berolahraga.

Soal perilaku berjemur bahkan diterapkan oleh karyawan dan petugas medis di RSUP dr Kariadi Semarang. Seperti yang terlihat di Taman Gedung Heritage Kompleks RSUP Kariadi Semarang, Selasa (31/3).

Nampak sejumlah karyawan rumah sakit tersebut menikmati paparan hangat mentari, pukul 10.30 WIB. Suasana pun bertambah hangat, saat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah yang juga istri Gubernur Jawa Tengah, Siti Atikoh, menyempatkan berjemur, di tengah-tengah karyawan tersebut.

Sebenarnya , kedatangan Atikoh hanya untuk memberikan bantuan makanan dan asupan tambahan bagi paramedis.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *