Cegah Penyebaran Covid-19, Sidang di PN Dilakukan Dengan Sistem Online

SEMARANG (Asatu.id) – Guna mencegah penyebaran Covid-19, penerapan sidang dengan sistem online di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, dinilai Asisten Bidang Litigasi pada Lembaga swadaya Hukum Rumah Pejuang Keadilan Indonesia (LBH RUPADI), Okky Andaniswari, sangat tepat.

“Keputusan untuk mengadakan sidang secara online sudah tepat di masa pandemi Covid-19. Dan itu juga sebagai langkah antisipasi penyebarannya,” ujarnya, Jumat (27/3).

Meskipun demikian, lanjutnya, belum semua Pengadilan Negeri memiliki kesiapan yang sama dalam mendukung jalannya koneksi secara online tersebut. Dengan demikian sudah seharusnya diperlukan koordinasi lebih lanjut antar lintas sektoral dalam memfasilitasi semua kebutuhan tersebut.

“Ini karena kebutuhan mendesak, jadi sudah seharusnya melakukan ini. Nasib para pencari keadilan lebih utama. Namun begitu wabah Covid-19 selesai, persidangan harus normal kembali, artinya peraturan harus di cabut,” tambahnya.

Mulai Senin (30/3) sambungnya, persidangan di PN Semarang akan dilakukan secara online sebagaimana hasil koordinasi yang dilakukan dengan Aparat Penegak Hukum di Kota Semarang.

Untuk menerapkan sidang secara online tersebut, telah dipersiapkan 3 ruang sidang online di Pengadilan Negeri Kota Semarang yang terhubung dengan Lapas Kedungpane serta Lapas Wanita Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *