Rest Area Tol Semarang-Batang, Tak Luput Juga Disemprot Disinfektan

KENDAL (Asatu.id) – Rest area yang merupakan salah satu titik kumpulnya masyarakat, juga tidak luput dari penyemprotan disinfektan. Sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Covid+19.

Rest area jalan tol Batang-Semarang ini misalnya, juga dinilai merupakan tempat yang rawan penyebaran virus Corona.

Karenanya, Jumat siang (20/3), Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal bekerja sama dengan Jasa Marga Semarang-Batang melakukan penyemprotan cairan antiseptik (disinfektan) di lokasi tersebut. Rencananya, penyemprotan dilakukan pada 3 rest area di sepanjang jalan Tol Semarang-Batang. Masing-masing meliputi rest area 391A, 379, dan 389.

Satu tim dari PMI dengan 5 petugas penyemprot, bergerak sejak pukul 08.00 dari satu tempat ke tempat lain. Titik penyemprotan difokuskan pada toilet, tempat makan, termasuk meja kursi, fasilitas umum, masjid, pertokoan, pintu, tiang-tiang, tempat istirahat, hingga taman-taman yang ada.

Hanya saja fasilitas yang berupa barang elektronik, seperti ATM, mesin kasir komputer dan lainnya ditinggalkan, sebab memiliki risiko kerusakan besar.

Adri Rahman, Supervisor Releated Bussines Rest Area 379 Jasa Marga Tol Semarang-Batang mengatakan, pada dasarnya penyemprotan disinfektan di rest area dilakukan untuk melaksanakan anjuran pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus korona.

“Virus semakin meningkat di Indonesia, sangat diperlukan penyemprotan. Kabupaten Kendal perlu diapresiasi melalui PMI dan Dinas Kesehatan yang sudah turun langsung. penyemprotan serupa rencananya juga akan kita lakukan di semua rest area yang ada,” tutur Adri.

Menurutnya dalam setiap hari masing-masing rest area menampung 2.000-3.000 kendaraan. Banyaknya orang yang mampir di rest area, menjadi perhatian khusus Jasa Marga dan pengelola untuk segera melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Banyak orang datang semakin besar potensi penyebaran. Meskipun, jumlah pengendara yang mampir di rest area, turun sekitar 20 persen. Tetapi kita tetap lakukan tindakan pencegahan, kita harap bisa berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara staf Sumber Daya Manusia (SDM) PMI Kendal, Dwi Agung Setiawan mengatakan, PMI Kendal telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kendal dalam melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas-fasilitas umum sejak Selasa 17 Maret lalu.

Tidak hanya rest area jalan tol, namun juga pada kantor-kantor instansi pemerintah, fasilitas umum, tempat ibadah seperti masjid, gereja juga terminal-terminal.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *