Kencut, Seniman Asal Bali Gelar Karya Seninya di Semarang

SEMARANG (Asatu.id) –  I Putu Adi Suanjaya atau yang biasa disapa dengan panggilan Kencut, seniman asal Bali, mulai 12 Maret hingga 5 April 2020 menggelar karya – karya seninya di Artotel, Gajahmada Semarang.

Kegiatan serupa, sebelumnya juga dilaksanakan di Bali dan di Jakarta. Dia berharap, pameran lukisannya kali ini yang mengambil thema ‘Repeat’ akan memperoleh perhatian khusus dari warga Kota Lumpia ini.

Dalam karyanya yang selalu menjadikan boneka sebagai obyek lukisan untuk menggambarkan nuansa kehidupan manusia, merupakan impian masa kecil yang akhirnya bisa diwujudkannya setelah lulus dari Institut Seni Yogyakarta.

Menurutnya, karyanya merupakan torehan dan gambaran dari metamorfosa manusia. Boneka-boneka yang ditorehkan melalui karya 2 dimensi dan juga 3 dimensi, adalah gambaran dari manusia yang kemudian dikendalikan maknanya seperti layaknya seniman Bali yang menciptakan Barong dan kemudian dihidupkan melalui pentas seni dan pagelaran-pagelaran. Mengangkat hal-hal yang tidak biasa ke dalam bentuk karya, adalah hasrat yang menjadi realita bagi Kencut.

Dengan tema Repeat, Kencut juga ingin menunjukkan, bahwa terkadang manusia harus sesekali menertawakan kehidupan atas rutinitas yang cenderung standar dan monoton. Mulai dari gambaran manusia dalam karya berjudul ‘Position’ yang menunjukkan aktivitas kita sedang membuang waktu di toilet, hanya semata-mata mencari kenyamanan belaka.

Gambaran manusia yang sekedar melamun,  juga dihadirkan Kencut dalam karyanya berjudul ‘The Dream’ dan karya-karya lainnya.

Di Bali,  Kencut sukses menggelar pameran seni karyanya bersama dengan serangkaian festival musik dan seni ‘Odyssey’ yang digelar di ARTOTEL Bali beberapa waktu lalu.

Kini giliran Kota Semarang yang akan digebrak dengan menggelar pameran seni hasil karya-karya untuk mengulang kesukseskan dari pameran sebelunmnya baik di Jakarta maupun di Bali.

“Pameran seni ke depan akan kita gelar secara bergilir (roadshow) di berbagai kota, hingga diharapkan selain bisa menghibur juga dapat memenuhi keinginan para pecinta seni, terutama penggemar lukisan,” tutur Kencut, Kamis (12/3).

Sementara itu, General Manager ARTOTEL Gajahmada -Semarang Rico Setiawan mengatakan, ARTOTEL Gajahmada – Semarang sebagai hotel design yang terinspirasi seni, secara rutin akan menyelenggarakan pameran seni kontemporer Indonesia di ARTSPACE Hotel sebagai salah satu fasilitas khas brand hotel ARTOTEL.

Melalui kegiatan pameran seni dan kegiatan kreatif lainnya, lanjutnya, yang diselenggarakan di ARTSPACE maupun di restoran dan bar yang berada di ARTOTEL Gajahmada – Semarang diharapkan dapat memberikan hiburan bagi pencita seni di Ibukota Jateng ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *