Tujuh Partai Sepakat Dukung Hendi – Ita Sebagai Paslon Walikota dan Wakil Walikota Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Keseluruhan partai peserta pemilu yang ada di Kota Semarang, dipastikan mendukung PDIP untuk mengusung petahana Hendi – Ita dalam penyelenggaraan Pilwakot 2020 yang akan dilaksanakan pada 23 September mendatang.

Dari sembilan partai yang ada, tujuh di antaranya, akhir minggu lalu sudah menyatakan diri untuk bergabung dengan PDIP dan bersepakat mencalonkan kembali Hendi – Ita untuk kembali menjadi paslon Walikota dan Wakil Walikota Semarang periode mendatang.

Perwakilan pengurus partai dari ke tujuh partai tersebut, hadir dalam Rapart Kerja Cabang PDI Perjuangan Kota Semarang yang diselenggarakan, Sabtu (7/3).

Masing-masing adalah jajaran pengurus Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, PAN, Nasdem dan PPP.

Kehadiran mereka secara khusus merupakan sikap dukungan terhadap PDI Perjuangan yang resmi mengusung Hendrar Prihadi (Hendi) dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) pada Pemilihan Wali Kota Semarang 2020.

Dengan begitu Hendi-Ita telah mengantongi dukungan tujuh dari sembilan partai di DPRD Kota Semarang, mengingat PPP tak memiliki perwakilan di kursi parlemen tingkat kota.

Adapun dua partai di DPRD Kota Semarang yang belum menentukan sikap adalah, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Terkait hal tersebut, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyatakan masih membuka pintu untuk PKS dan PSI bergabung bersama tujuh partai lainnya.

“Saya masih menunggu sikap dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam gelaran Pemilihan Pilwakot 2020 ini,” tegas pria yang akrab disapa Hendi tersebut.

“Sekarang bolanya, keputusannya ada di tangan mereka (PKS). Mereka mau jalan sendiri boleh, bareng-bareng itu lebih baik. Tapi yang jelas kami sudah membuka pintu,” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris PSI Kota Semarang, Ferdian Fajar mengatakan jika kemungkinan PSI Kota Semarang akan ikut merapat untuk mengusung pasangan Hendi-Ita di Pilwalkot Semarang 2020.

Pihaknya mengakui jika kepemimpinan Hendi-Ita selama ini memang sangat bagus dalam membangun Kota Semarang.

“PSI memang harus ada pilihan sesuai instruksi dari DPP PSI. Lantaran di Kota Semarang cukup besar peluang calon tunggal melawan kotak kosong, maka PSI membuka kemungkinan mendukung Hendi-Ita,” tutur Ferdian.

Hal senada diungkapkan pula oleh anggota DPRD Kota Semarang dari Fraksi PSI, Benidiktus Narendra Kuswara. “Saya kira, PSI juga akan mendukung petahana. Hanya tinggal tunggu waktu saja. Kami menunggu instruksi dari DPP PSI,” katanya.

Di sisi lain PKS Kota Semarang sebelumnya telah membuka kran silaturahmi dengan PDI Perjuangan Kota Semarang untuk mengusung Hendi-Ita.

Namun demikian PKS terlebih dahulu akan menjalankan mekanisme internal, yang kemudian proses tersebut dihormati oleh sejumlah jajaran pengurus PDI Perjuangan Kota Semarang.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *