FKUB Selenggarakan Road Show, Agama Jangan Dijadikan Isu Sentral Dalam Pilkada

SEMARANG (Asatu.id) – Dalam rangka penguatan kerukunan antar umat beragama di berbagai daerah di Jawa Tengah, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Jateng menyelenggarakan road show ke seluruh wilayah kabupaten/kota se Jateng.

Roadshow dimulai bulan Maret ini dan akan terus berlanjut hingga akhir tahun. “Daerah-daerah yang akan menggelar Pilkada, kami prioritaskan terlebih dahulu,” ujar Ketua FKUB Jateng Drs KH Taslim Syahlan  M Si di Semarang, Senin (9/2).

Hingga saat ini katanya, road show penguatan kerukunan umat beragama sudah dilaksanakan  di Kabupaten Blora, Klaten, Rembang, dan akan terus berlanjut sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dari ketiga daerah tersebut sambungnya, diperoleh informasi bahwa para tokoh agama dan masyarakat berharap penyelenggaraan pilkada di 21 daerah yang akan digelar September mendatang, dapat berlangsung lancar dan tidak terjadi sengketa.

Kalaupun ada perbedaan lanjutnya, diharapkan tidak sampai meruncing dan menyentuh isu – isu SARA. Karena kalau isu tersebut dimunculkan, dapat mengganggu keutuhan bangsa dan negara.

” Yang sangat dikhawatirkan oleh para pemuka agama, kalau dalam pesta demokrasi, materi agama dijadikan isu sentral untuk menghadang kandidat atau meningkatkan citra kandidat,” ujarnya.

Seharusnya katanya, ajaran agama jangan dijadikan materi untuk dipertentangkan di ruang perbedaan yang dijamin oleh demokrasi. Materi agama hendaknya dapat dijadikan untuk menyejukkan suasana politik yang kian memanas.

Jauh-jauh hari tambahTaslim, harapan dari para pemuka agama itu sudah disampaikan kepada seluruh pimpinan Parpol  di Jateng. Dan telah disanggupinya.Dia berharap, agar komitmen itu  benar-benar dijaga dan dipegang teguh para kontestan peserta pilkada.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *