SMAN 5 Semarang Ciptakan Helm Canggih Berpanel Surya


SEMARANG (Asatu.id) –  Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Semarang resmi meluncurkan Ristavo Student Company, sebagai perusahaan rintisan siswa yang didukung oleh Citibank melalui Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Dr Titi Priyatiningsih, Pembina Ristavo Student Company SMAN  5 Semarang mengatakan,  peluncuran Ristavo Student Company ini merupakan bagian dari program edukasi ‘Youth Ecopreneurship Initiative’ yang digagas oleh PJI bersama Citi Indonesia serta didukung pendanaan dari Citi Foundation

Menurutnya, Ristavo Student Company itu merupakan terobosan yang dihasilkan melalui pelajaran kewirausahaan yang telah dirintis sejak 3 tahun lalu.

Saat ini katanya, telah membuahkan hasil yang menggembirakan dengan memproduksi helm cangggih berpanel surya.

Di era globalisasi dan digital seperti sekarang ini sambungnya, anak-anak harus diarahkan untuk berani memunculkan ide-ide kreatif. Karena 10 tahun ke depan, kemungkinan mereka tidak menemukan pekerjaan di kantoran lagi.

“Karenanya, inovasi dan kreatifitas menjadi alternatif profesi. Bahkan dapat  menciptakan lapangan pekerjaan baru,”  ujar mantan Kepala sekolah SMAN 5 Semarang, seusai peresmian Ristavo Student Company di Aula SMAN 5 Semarang, Jumat (28/2).

Program kewirausahaan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Citibank dan Prestasi Junior Indonesia ini, setiap tahun memiliki tema yang berbeda.  Tahun ini mengusung tema Ecopreuner, dengan tujuan untuk mengasah kepekaan para siswa terhadap isu-isu lingkungan, termasuk hemat energi.

Program ini, tutur Titi, melatih sebanyak 20 anak untuk membuat perusahaan. Tim ini sudah mulai diasah untuk merancang ide, membuat prototipe, perencanaan penjualan,  hingga peluncuran produk. Disampingi diberi pengetahuan untuk menjual saham perusahaan.

Kini, Ristavo Student Company, perusahaan telah berhasil menciptakan produk hemat energy listrik, berupa helm berpanel surya.

Helm pelindung kepala ini, mampu menyimpan energi listrik. Dan juga bisa jadi power bank untuk mengecas HP dan sejenisnya.

Ide produk ini katanya, berawal dari kebutuhan energi listrik bagi  para siswa untuk mengisi ulang batere handphone nya pada saat mereka berada di sekolah.

Hendra Tanzil, Koordinator Citi Peduli Berkarya (Citipeka) mengatakan,  Citibank melalui Prestasi Junior Indonesia (PJI) sengaja memberikan dukungan kepada progam edukasi kewirausahaan bagi pelajar tingkat SMA.

“Di Kota Semarang terdapat lima SMA yang menjadi mitra binaan PJI. Masing-masing adalah  SMAN 5, SMA Karangturi, SMA Teuku Umar, SMA Terang Bangsa dan SMKN 9 Semarang.

“Mitra binaan ini. selain memperoleh bantuan pendanaan,  juga diberikan pendampingan dan pelatihan. Baik keterampilan maupun manajemen,  hingga  mampu memproduksi dengan inovasi terkini,” tutur Hendra.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *