Tidak Penuhi Syarat, Paslon Perseorangan Gagal Maju Pilkada Kendal


KENDAL (Asatu.id) – Pasangan calon (paslon)  pilkada Kabupaten Kendal, Syanto-Erva Royani yang mendaftar ke KPU dengan menggunakan jalur perseorangan atau independen, akhirnya gagal karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan

Setelah dilakukan pemeriksaan persyaratan dukungan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kenda, akhirnya ditetapkan,l bahwa pasangan calon perseorangan tersebut tidak memenuhi syarat maju dalam Pilkada Kendal

“Hasil kroscek dan pemeriksaan syarat dukungan yang diserahkan pasangan calon perseorangan atas nama Suyanto dan Erva Royani dinyatakan tidak memenuhi syarat, karena yang diberikan ke KPU kurang dari minimal syarat dukungan,” jelas Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria, Selasa (25/02).

Dikatakan, syarat dukungan yang serahkan ke KPU Kendal sebanyak 57.145 dukungan dan setelah di kroscek dan hitung ulang yang memenuhi syarat hanya 19.171 saja.

“Jadi berdasarkan formulir B-1 KWK yang diserahkan sebanyak 57.145 yang lengkap hanya 56.356 saja. Sementara  hasil pengecekan  hanya 19.171 dukungan yang memenuhi syarat,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, syarat lain yang tidak terpenuhi adalah, sebaran dukungan yang seharusnya batas minimal ada di 11 kecamatan namun hasil pemeriksaan, dukungan hanya tersebar di 10 kecamatan saja.

“Berita acara pemeriksaan sudah kita serahkan kepada pasangan Suyanto-Erva Royani dan dihadiri bakal calon. Hingga saat ini tidak ada masalah terhsdap pasangan calon perseorangan atas keputusan KPU. Paslon sudah bisa menerima. Tetapi kita tetap menunggu, jika nanti paslon tersebut keberatan. Maka akan menjadi sengketa dan ditangani Bawaslu,” terangnya.

Pihak KPU Kendal katanya, sudah semaksimal mungkin memberikan arahan dan bimbingan kepada pasangan calon perseorang tersebut. Bahkan sudah diajari selama proses pemberkasan syarat dukungan agar rapi serta melakukan konsultasi.

Sebelumnya pasangan perseorangan Suyanto-Erva Royani menyerahkan syarat dukungan untuk pencalonan di KPU Kendal, Minggu (23/02) malam.  Paslon Suyanto dan Erva Royani yang datang ke kantor KPU Kabupaten Kendal dengan dikawal seratusan pendukungnya menggunakan sepeda motor dan mobil. Mereka datang di detik – detik terakhir atau 30 menit sebelum penutupan penyerahan berkas syarat dukungan calon independen.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *