ASN Yang Jadi Balon Pilkada, Wajib Mengundurkan Diri


SEMARANG (Asatu.id) – Tahun 2020 di wilayah Prov Jateng kembali berlangsung pesta demokrasi. Kali ini pesta demokrasinya berupa pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan diselenggarakan secara serentak di 21 wilayah kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut, tentu saja memperoleh sambutan hangat dari orang-orang yang ingin tampil sebagai orang nomor satu (bupati/walikota) atau orang nomor dua (wakil bupati/wakil walikota).

Para bakal calon (balon) pilkada, kini mulai merapat ke partai-partai yang diharapkan mau mengusung dirinya. Selain kalangan pengusaha, tidak sedikit para pejabat yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), ikut serta mendaftarkan diri masuk dalam bursa balon pilkada.

Dalam hal ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, jauh-jauh hari mengingatkan, bahwa ASN yang akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah harus mengundurkan diri dari jabatannya.

“Aturan tersebut sesuai dengan Pasal 7 ayat (2) huruf p tentang TNI, Polri, ASN dan kepala desa,  wajib mengundurkan diri saat menjadi peserta pilkada,” ujarnya saat jumpa pers OPD Jateng, di Kantor Gubernur Jateng, Rabu (26/2).

Untuk saat ini, lanjut Yulianto, pihak KPU Jateng telah mengonsolidasi KPU kabupaten/ kota dalam tahapan-tahapan pelaksanaan pemilu. Di mana saat ini adalah tahap penyerahan berkas persyaratan calon jalur independen.

Sedangkan untuk pendaftaran pasangan calon, baru dibuka di masing-masing KPU daerah pada 16-18 Juni mendatang.

Sementara itu, Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama, Setda Provinsi Jawa Tengah, Muhamad Masrofi menambahkan, peran provinsi hanya memfasilitasi anggaran penyelenggaraan sesuai kemampuan yang bersumber dari dana APBD, penugasan personel sekretariat Panwascam berikut penyediaan sarana ruangan sekretariat.

Selain itu, juga pelaksanaan sosialisasi, kelancaran transportasi pengiriman logistik, dan monitoring penyelenggaraan pilkada dengan membentuk desk Pilkada kabupaten/ kota, katanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *