KPU Mulai Rekrut PPK untuk Pilkada Serentak 2020

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua KPU Jateng ,Yulianto Sudrajat menjelaskan, proses Pilkada serentak 2020, saat ini masuk dalam tahapan perekrutan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan sudah diumumkan untuk umum. Pada tanggal 28 Februari mendatang, PPK harus dilantik dan diminta membantu KPU dalam perekrutan PPS di masing-masing kelurahan/desa.

“Yang jelas akan ada lima anggota PPK per kecamatan,” tegas Yulianto dalam diskusi yang digelar oleh DPRD Jateng bersama Forum Wartawan Pemprov DPRD Jateng (FWPJT) di Gedung DPRD Jateng, Rabu (15/1) sore.

Sementara anggota Bawaslu Jateng, Rofiudin menjelaskan, saat ini pendaftaraan Panwascam juga sudah selesai. Ada sekitar 4.702 pendaftar dan yang terpilih ada 1.026 orang. Ada beberapa daerah yang kekurangan jumlah pendaftar, salah satunya Wonogiri. Namun, setelah dilakukan perpanjangan pendaftaran, jumlah pendaftar bisa terpenuhi.

Rofiudin mengatakan, Bawaslu juga perlu mengetahui aturan yang dibuat oleh KPU agar tidak terjadi salah penerapan tugas dan fungsi sesuai kewenangannya.

“Kami juga sedang mewaspadai adanya mutasi pejabat sebelum penetapan calon walikota atau bupati 6 bulan sebelumnya. Jadi setelah tanggal 8 Januari 2020 tidak boleh ada pejabat yang dimutasi, kalau tidak kita akan diberikan sanksi,” kata dia.

Rofiudin berharap birokrasi dan fasilitas pemerintah bisa netral. Petahana yang mencalonkan lagi juga tidak boleh menggunakan fasilitas pemerintah untuk fasilitas politik dan tidak bisa melakukan tindakan yang mendukung pihak lain.

Dalam diskusi tersebut juga tampil dua narasumber lain, yaitu pengamat politik dari Undip, Yulianto, dan Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *