Rumah Bakal Dibedah, Mbah Supartini pun Bungah

SRAGEN (Asatu.id) – Mbah Supartini (72) tak henti-hentinya mengucap syukur ketika Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dan rombongan berkunjung ke rumahnya, di Desa Kedawung Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen, Kamis (12/12). Pasalnya, dalam kunjungan yang tak ia sangka itu, Taj Yasin memberi kabar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan memperbaiki rumahnya.

Rumah berdinding papan kayu dan berlantai tanah yang ditempati Supartini bersama kedua cucunya ini masuk dalam program bantuan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jateng.

“Alhamdulillah, saya sangat bungah (bahagia) mendapat bantuan ini. Rumah saya elek (jelek) dan rusak karena tidak mampu memperbaiki tapi sebentar lagi akan dibangun oleh pemerintah. Saya bersyukur, kalau sudah diperbaiki nanti cucu-cucu saya bisa lebih nyaman berada di rumah ini,” ucap Supartini.

Keterbatasan ekonomi menjadikan janda lanjut usia ini tidak mampu memperbaiki rumah yang sudah rusak di berbagai bagian. Bahkan, nenek yang sehari-harinya buruh tani ini masih harus menanggung biaya kebutuhan hidup dan pendidikan kedua cucunya. Dengan adanya bantuan ini, Supartini merasa lega dan bahagia karena bebannya teringankan.

Wagub Taj Yasin berharap, adanya program RTLH ini tidak hanya dirasakan oleh penerima bantuan, melainkan juga warga desa yang ikut bergotong royong membantu proses perbaikan. Ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat guna mengurangi kemiskinan di desa tersebut.

“Saya berharap semua warga ikut nyengkuyung (mendukung) program pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten dan kota. Warga nanti dibantu TNI PMI dari Koramil setempat, dan PMI membongkar dan memperbaiki rumah warga penerima bantuan RTLH, kemudian 19 warga yang rumahnya belum dialiri listrik PLN juga sudah dibantu. Program kami tidak hanya fisik tetapi juga program pemberdayaan masyarakat melalui berbagai pelatihan,” jelas Taj Yasin.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *