Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jateng Ditetapkan

SEMARANG (Asatu.id) – Anggota DPRD Jawa Tengah periode 2019-2024 secara definitif akhirnya mempunyai unsur pimpinan yang terdiri atas ketua dan empat wakil ketua. Penetapan para pimpinan dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Jateng Sementara, Bambang Kusriyanto di Gedung Berlian, Senin (16/9).

Bambang Kusriyanto sendiri yang juga politisi PDIP secara definitif menjabat sebagai Ketua, sedangkan empat wakil ketua masing-masing Sukirman dari PKB, Heri Pudyatmoko dari Partai Gerindra, Ferry Wawan Cahyono dari Partai Golkar, dan Quatly Abdulkadir Al Katiri dari PKS.

Dari lima pimpinan dewan ini, tiga di antaranya adalah incumbent atau petahana yakni Sukirman, Heri Pudyatmoko, dan Ferry Wawan Cahyono. Penetapan pimpinan DPRD Jateng masa jabatan 2019-2024 tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) No 161/291/2019.

Paripurna dengan agenda “Pengumuman Pimpinan Definitif DPRD Jateng Masa Jabatan 2019-2024” dihadiri 101 anggota dewan dari 120 anggota. Hadir juga Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, serta tamu undangan lainnya.

Bambang Kusriyanto yang akrab disapa Bambang Kribo, memberikan apresiasi banyaknya anggota dewan yang hadir melebihi kuorum rapat paripurna, yakni 50% plus 1 atau 61 orang.

“Kami sampaikan apresiasi atas kehadiran rekan-rekan anggota dewan yang melebihi kuorum rapat paripurna,” katanya.

Sebelum menjadi ketua, Bambang Kusriyanto dari menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Jateng Sementara, sejak 3 September 2019.

Jumlah kehadiran anggota dewan yang tinggi dalam rapat paripurna ini, diharapkan bisa menjadi modal bagi para anggota dewan, untuk mendisiplinkan diri sendiri dan menjadi DPRD yang modern.

“Mudah-mudahan kami bisa terus konsisten dengan kondisi yang seperti ini,” harap Bambang Kribo.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Jateng, Urip Sihabudin, menyatakan, nama-nama pimpinan dewan definitif selanjutnya diserahkan ke Gubernur Jateng untuk diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) guna pengesahan.

“Kami harapkan pimpinan dewan Jateng periode 2019-2024 segera disahkan agar bisa bekerja,” ujar Urip.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *