Ganjar Ingatkan, Penghargaan Percuma Kalau Masyarakat Masih Mengeluh

SEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengingatkan, berbagai penghargaan yang diterima Pemprov tidak akan ada artinya jika masyarakat masih mengeluhkan adanya pelayanan yang tidak baik dan tidak memuaskan. 

Ganjar menyontohkan, misalnya saja penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai 100. Bagi Ganjar, nilai yang diperoleh substansinya hanya 10 untuk Pemprov Jateng, karena yang 90, nilai itu untuk masyarakat.

“Capaian reformasi birokrasi terus ditingkatkan dan disinkronkan dengan program pemerintah pusat. Kalau tanding dengan provinsi lain, sebenarnya posisi kita itu sudah di atas, tapi kita harus terus maju. Ojo kakean ngeluh, dilakoni wae,” pesan Ganjar.

Saat menerima Kepala Biro Organisasi Setda Jateng Ikhwan Sudrajat yang didampingi Asisten I Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Heru Istiadi, dan Kepala Bappeda, Prasetyo Aribowo, guna paparan Draf Pergub Jateng tentang Road Map Reformasi Birokrasi Prov Jateng 2019-2023 di Ruang Kerja Gubernur, Rabu (21/8), Ganjar juga mengaku sempat deg-degan.

“Tuntutan revolusi mental ini, saya deg-degan, bisa berubah apa tidak ya. Misalnya, kalau ada pelanggaran di daerah, kabupaten atau kota, orang pasti memandangnya, itu kan entitas pemprov. Saya harus tidak boleh lelah menasihati. Kalau ndableg, ya sudah, risiko ditanggung sendiri,” tandasnya.

Dalam paparannya, Ikhwan menjelaskan, capaian reformasi birokrasi Jateng 2013-2018 telah terjadi perbaikan yang siginifikan dalam hal integritas, kepatuhan terhadap jam kerja  dan penurunan pelanggaran disiplin, serta perampingan OPD dari 59 sudah dilakukan menjadi 49 OPD.

“Program kerja Presiden 2019-2024 dan Reformasi Birokrasi Jateng 2018-2023 juga sudah sesuai atau selaras. Misalnya untuk pelayanan publik yang berkualitas, Jateng menerapkan prinsip mudah, murah, cepat dan menggunakan sisitem digital. Jika program kerja presiden menganut prinsip sederhana, simpel, lincah dan cepat, sudah selaras,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *