Kampanyekan Jurnalistik melalui Pameran di Mading SMAN 16 Semarang

SEMARANG (Asatu.id) Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) mengadakan Kampanye Jurnalistik melalui Pameran di Mading SMAN 16 Semarang, Selasa lalu (18/6). Kampanye ini dilaksanakan untuk memenuhi Tugas Akhir Semester Mata Kuliah Manajemen Public Relation.

Sebanyak tujuh mahasiswa mengadakan kampanye jurnalistik melalui pameran di madding ingin memperkenalkan kepada siswasiswi SMAN 16 Semarang yang belum mengetahui apa itu Jurnalistik.

“Kebetulan kami mengadakan kampanye jurnalistik melalui pameran di madding ini ketika siswa-siswi SMAN 16 Semarang sedang melaksanakan class meeting. Jadi sebagian dari mereka yang tidak mengikuti kegiatan class meet, mereka dating dan membaca materi jurnalistik yang kami tempelkan di madding,” ujar Rizal Maulana, ketua kelompok kampanye jurnalistik.

Dengan adanya pameran jurnalistik tersebut diharapkan siswa-siswi memahami materi mulai dari pengertian jurnalistik, jenis jurnalistik, nilai berita, profesi jurnalistik, hinggainfografisjurnalistik. Dan siswa-siswi sangat antusias menanyakan tentang profesi jurnalistik.

“Setelah membaca berbagai materi yang ditempel di madding sekolah oleh kakak-kakak mahasiswa USM, saya lebih tertarik pada bagian materi yang memaparkan profesi jurnalistik. Saya kira profesi bidang jurnalistik hanya menjadi reporter dan penulis naskah saja, ternyata bias menjadi editor maupun pimpinan redaksi,” ujar Tafvia, salah satu siswi SMAN 16 Semarang.

Untuk mengukur seberapa pemahaman mereka mengenai materi jurnalistik yang ditempelkan di mading, siswasiswi SMAN 16 Karanganyar diberi tantangan untukmenjadi reporter on camera yang kemudian diunggah di Instagram pribadi mereka dengan menggunakan hastag #CreativeJournalism. Dan mereka menerima tantangan tersebut dengan sangat antusias. (Wulan Ningrum)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *