Jateng Godok Revisi Permendikbud PPDB Zonasi Jalur Prestasi

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berusaha menggodok Revisi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB yang semula jalur prestasi 5% menjadi 15%.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Sulistyo menuturkan, kebijakan Mendikbud tersebut perlu disinkronkan dengan aturan di Jawa Tengah, yang sebelumnya telah membuat Pergub untuk jalur prestasi sebesar 20%.

“Pergub sedang dalam proses, Insya Allah segera. Pergub 20% kita akomodir. Kita rapatkan dulu,” tandas Sulistiyo kepada awak media seusai menjadi nara sumber diskusi Prime Topic bertajuk Menuju Pemerataan Kualitas Pendidikan di Noormans Hotel Semarang, Senin (24/6).

Menurut Sulistyo, saat ini draf pembahasan aturan PPDB SMA/SMK Negeri di Jateng tersebut telah siap, dan akan segera diselesaikan.

Revisi Permendikbud tentang PPDB menyangkut zonasi ini dilakukan setelah ada perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden menginginkan ada kelonggaran terkait kuota siswa berprestasi yang hendak sekolah lintas zonasi.

Namun begitu, jalur zonasi 15% itu tidak diterapkan secara menyeluruh ke semua daerah. Kelonggaran kuota 15% tersebut hanya berlaku untuk wilayah-wilayah yang dinilai bermasalah. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *