Pemerintah Jamin Pelayanan Pendidikan Siswa Berprestasi

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Jumeri mengatakan, budaya kompetisi yang sehat harus dibangun agar memotivasi siswa makin tekun belajar, meningkatkan kreatifitas, inovatif dan kapasitasnya.

“Siswa berprestasi dapat diberikan peran sebagai partner dalam peningkatan pembelajaran di lingkungan sekolah. Untuk itu, pemerintah menjamin pelayanan pendidikan siswa yang berprestasi,” jelasnya saat menyampaikan paparan PPDB Online SMA/SMK kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Senin (17/6).

Dijelaskan pula, untuk siswa berprestasi akan langsung lolos dalam dan di luar zona jika mendapatkan juara 1, 2, 3 lomba internasional dan juara 1 lomba tingkat nasional. Dengan catatan, lomba yang diikuti berjenjang.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memodifikasi aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No 51 tahun 2018 dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA Negeri 2019.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menegaskan, pihaknya sudah konsultasi dengan kementerian untuk membuat petunjuk teknis yang disesuaikan dengan kearifan lokal terkait banyaknya siswa yang berprestasi.

“Karena di beberapa titik terbatas akses sekolahnya, kita berlakukan besaran persentase di zona itu. Sehingga, siswa berprestasi akan mendapatkan dua zona. Ketika di keluar daerah, dia menggunakan ketentuan Permendikbud sejumlah 10 persen. Kalau di dalam zona, kalau banyak ketersediaan sekolah, kita pertimbangkan sampai 20 persen di zona masing-masing,” katanya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *