Danur : Komisi B DPRD Kota Semarang Sudah Lakukan Fit and Proper Test Dirut PDAM Tirta Moedal

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Ketua Komisi B, Danur Rispriyanto mengatakan, Komisi B DPRD Kota Semarang sudah melakukan tahapan fit and proper test kepada nama-nama calon Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Moedal Semarang yang diajukan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi sejak dua bulan yang lalu.

“Tahapan sudah kami lakukan, termasuk fit and proper test terhadap para cal fit on tersebut. Sehingga untuk kewenangan saat ini sudah di pimpinan dewan,” katanya, Senin (17/6).

Lebih lanjut, Danur mengungkapkan,  mekanisme ini memang membutuhkan waktu yang lama sebab saat pansel membuka lowongan ternyata tidak serta merta langsung mendapatkan calon.

Bahkan, pada saat pendaftaran sempat tidak ada calon yang mendaftar. Saat ada calon yang mendaftar, ternyata calon tersebut tidak memenuhi persyaratan hingga pada akhirnya menemukan calon direktur yang memenuhi persyaratan.

“Tahun ini tim pansel baru mendapatkan 3 calon dirut, 3 calon dirum, dan 3 calon dirtek,” ungkapnya.

Danur juga mengungkapkan, pansel kemudian memberikan nama calon tersebut kepada Wali Kota, untuk kemudian Wali Kota menyerahkan kepada pimpinan dewan. Selanjutnya, pimpinan dewan memberikan rekomendasi kepada Komisi B untuk melakukan fit and proper test.

“Kami memberikan penilaian secara keseluruhan, memberikan gambaran dan pokok permasalahan yang berbeda-beda antara calon dirut, dirum, dan dirtek,” jelasnya.

Danur menegaskan dalam pemilihan calon direktur ini, tidak ada tawar menawar apapun. Dalam memilih calon direktur, dia benar-benar menilai calon yang nantinya bisa mengatasi segala permasalahan PDAM terutama wilayah timur. Dia berharap, para calon yang terpilih nantinya bisa menjalankan sesuai apa yang disampaikan saat fit and proper test.

“PDAM ini bagian penting di Kota Semarang. Tidak mungkin tidak ada yang bocor pipanya, belum lagi masalah tagihan, jadi saya harap apapun nanti permasalahannya calon yang terpilih bisa mengatasi semuanya,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *