Dishub Kota Semarang Giatkan Pengecekan Kelaikan Armada Angkutan Lebaran

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang melakukan pengecekan kesiapan kelaikan armada angkutan lebaran di sejumlah PO maupun biro travel yang ada di Kota Semarang, Jumat (31/5).

Adapun pengecekan yang dilakukan meliputi pengecekan kondisi kendaraan, seperti kondisi ban dan fungsi bagian kendaraan, di antaranya rem kendaraan, lampu, maupun wiper dan lain-lain.

Kabid Angkutan Dishub Kota Semarang, Dede Bambang Hartono mengatakan kegiatan pengecekan kendaraan tersebut bertujuan untuk memberikan kelancaran, kenyamanan dan keamanan serta keselamatan penumpang saat akan berangkat mudik.

“Misalnya untuk ban armada bus penumpang, petugas tidak mentolerir penggunaan ban jenis vukanisir, dan kondisi ban kendaraan yang sudah aus atau tipis.  Dan untuk alur ban bus penumpang dengan kedalaman minimal 1 milimeter, dari batas toleransi ban. Karena akan berefek pada saat jejak pengereman kendaraan,” katanya.

Jika ditemukan dilapangan, penggunaan ban vukanisir, pihaknya akan merekomendasikan untuk tidak dipakai untuk angkutan Lebaran. Dan harus diganti terlebih dulu,  baru diperbolehkan jalan.

“Untuk saat ini belum ada ditemukan ban jenis vulkanisir di armada yang kita cek. Selain itu, kami juga mengecek surat-surat kelengkapan kendaraan yang dioperasionalkan tersebut. Jumlah kapasitas, STNK, sabuk pengaman, dongkrak, ban serep, rem,” ungkapnya.

Adapun sasaran PO atau travel yang dilakukan pengecekan yakni dilakukan di Biro Travel Cakra di Jalan Ronggolawe, DayTrans Jenderal Soedirman, dan beberapa tempat lainnya. Sebelumnya pihaknya juga melakukan ramp cek di PO Sindoro Satriamas Jalan Madukoro. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *