Ganjar Tantang Alumnus LPDP Bantu Selesaikan Persoalan Masyarakat

SEMARANG (Asatu.id) – Sejumlah anggota Ikatan Alumnus Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sowan ke kediaman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Senin (27/5). Selain silaturahmi, para alumnus LPDP yang tergabung dalam Mata Garuda itu juga memaparkan sejumlah program kerja, salah satunya menggelar World Scholarship Festival 2019.

Penanggung jawab kegiatan World Scholarship Festival 2019 Jateng, Dina Amalina mengatakan, festival beasiswa tersebut rencananya digelar di seluruh Indonesia pada Agustus mendatang.

“Untuk Jawa Tengah, kegiatan akan kami fokuskan di Kota Semarang,” kata dia.

Dina menerangkan, pada acara tersebut, pihaknya menggandeng semua daerah untuk memaparkan kebutuhan keilmuan di masing-masing daerah. Diharapkan, ada sinergi antara daerah dengan lembaga keilmuan sehingga para lulusan LPDP dapat didayagunakan di daerah masing-masing.

“Kami ingin kolaborasi dengan pemerintah dalam pengembangan pendidikan. Selama ini, penerima beasiswa banyak dari teknik atau kesehatan, padahal kebutuhan di daerah itu berbeda-beda,” tambahnya.

Hal itulah yang melandasi Alumnus LPDP menemui gubernur dua periode itu. Salah satunya untuk mendengarkan masukan dalam pelaksanaan pemberian beasiswa ke depannya.

“Tadi Pak Ganjar bilang butuh analis, karena sedang menyusun big data. Nah, masukan-masukan ini nanti yang akan kami tindak lanjuti,” tukasnya.

Gubernur Ganjar Pranowo membenarkan, pihaknya membutuhkan analis untuk program pembangunan ke depan. Tak hanya analis, Ganjar juga menginginkan setiap lulusan LPDP memiliki spesialisasi keilmuan masing-masing. Diharapkan, spesialisasi keilmuan itu yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

“Saya menantang alumnus LPDP bisa berkiprah untuk menyelesaikan problem sosial masyarakat. Misalnya siapa yang memiliki keilmuan di bidang pengolahan sampah bisa membantu mengatasi sampah, ahli banjir bisa membantu mengatasi persoalan banjir dan seterusnya. Saat ini, keilmuan-keilmuan itulah yang dibutuhkan masyarakat,” kata dia.

Indonesia, lanjut Ganjar, merupakan negara yang memiliki potensi sangat besar, baik sumber daya alam, manusia, mineral dan sebagainya. Namun, potensi itu belum digarap serius karena minimnya sumber daya manusia yang mumpuni.

“Untuk itu, saya berharap para alumnus LPDP inilah yang kelak mampu menjadi pendobrak untuk mengoptimalkan potensi yang ada itu demi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *