Jembatan Brongsong di Banyuputih-Plantungan Dilebarkan

BATANG (Asatu.id) – Pekerjaan pelebaran Jembatan Brongsong yang ada di ruas Jalan Banyuputih (Batang) – Plantungan (Kendal) sudah bisa digunakan warga. Jembatan tersebut masuk dalam ruas jalur alternatif dari pantura menuju selatan.

Karena itu, Komisi D DPRD Jateng melihat langsung hasil pekerjaan yang didanai dari APBD 2018, belum lama ini. Dalam kunjungan yang dipimpin Ketua Komisi D Alwin Basri, diterima Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pekalongan, Rita Agus Setyorini.

Sejumlah anggota Komisi D dalam kunjungan itu tak segan ke bawah jembatan untuk melihat konstruksi bangunan. Seperti dilakukan Moch Ichwan, langsung menyusuri tangga yang ada di sebelah jembatan untuk kemudian melihat lantai jembatan. Alwin juga meminta penjelasan dari Rita Agus perihal pekerjaan jembatan itu.

Rita menjelaskan, pembangunan itu didasari aspirasi warga Kendal maupun Batang yang kerap melintasi jembatan. Mereka menginginkan ada pelebaran, mengingat arus kendaraan yang melewati jembatan bermacam jenis. Jembatan itu tepat berada di atas Sungai Brangsong ada di Kecamatan Bawang (Batang). Akhirnya jembatan dilebarkan dari semula 6 meter kini menjadi 9 meter atau bertambah tiga meter.

Nilai anggaran yang dialokasikan Rp 1,2 miliar, meliputi pekerjaan perkerasaan tanah, perkerasan aspal, sampai pada pembangunan badan jembatan. Pembangunan itu sendiri selama 190 hari atau mulai dikerjakan pada Novembver 2018 dan selesai awal Mei 2019.

“Karena jembatan dan ruas ini kerap dilalui kendaraan berat, bangunan harus kuat,” ucap Alwin Basri. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *