Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM Edukasi Siswa SMAN 8 dengan Kampanyekan Dasar-dasar Fotografi

SEMARANG (Asatu.id)Di era yang serba digital ini, tidak dapat dipungkiri bahwa generasi milenial, terutama para remaja, tidak bisa terlepas dari teknologi gadget yang terikat dengan fasilitas kamera.

Hampir setiap remaja memanfaatkan hasil jepretan mereka untuk diunggah ke akun media sosial demi memenuhi eksistensi mereka di dunia maya. Mereka saling berlomba untuk memperoleh hasil foto yang menarik agar kebutuhan sosial mereka dapat terpenuhi sebagai mana harapannya.

Oleh sebab itu mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), mengadakan kegiatan kampanye mengenai teknik dasar dari fotografi dan mengenalkan apa itu swafoto kepada generasi milenial, khususnya siswa-siswi SMAN 8 Semarang.

Kampanye dilakukan guna pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Public Relations mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang dan juga memberi edukasi kepada siswa-siswi SMA N 8 Semarang tentang bagaimana foto dapat bercerita atau menampilkan berbagai makna.

Sebagian siswa-siswi SMAN 8 Semarang tidak banyak mengetahui atau bahkan awam dengan apa itu fotografi. Oleh sebab itu kegiatan ini disambut antusias oleh guru dan juga siswa-siswi, khususnya di kelas XI SMAN 8 Semarang. Pada saat kampanye siswa-siswi diberi materi tentang bagaimana mengenal angle, komposisi, genre, dan teknik pengambilan gambar dalam fotografi dan juga bagaimana cara menghasilkan swafoto yang menarik.

Selain memberikan materi, ada juga chalange mengenai berswafoto sesuai dengan teori yang sudah disampaikan kemudian diposting di Instagram masing-masing dengan hastag #CeritakuHariIni. Dalam chalange tersebut, siswa-siswi juga akan mendapatkan reward berupa pulsa dan doorprize yang menarik.

Kegiatan yang memberi edukasi seperti ini, harus menjadi kegiatan yang rutin dilakukan karena dapat menambah ilmu dan pengetahuan kepada generasi milenial mengenai fotografi. Sehingga generasi milenial dapat menghasilkan sebuah gambar yang memiliki cerita dan komposisi yang sesuai dengan ilmu fotografi. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *