Tidak Sesuai IMB, Bangunan Mewah Lima Lantai Dibongkar 

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang membongkar bangunan mewah lima lantai di Jalan Kawi Raya, Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Semarang, Selasa (14/5).

Tindakan tegas ini karena bangunan tersebut menyalahi izin, di mana kondisi bangunan lima lantai tersebut tidak sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang diterbitkan Pemerintah Kota Semarang.

“Pelanggaran bangunan meliputi jumlah lantai, garis sempadan dan luasan bangunan. Akhirnya kami hentikan pembangunan karena membangun tidak sesuai dengan IMB yang diterbitkan,” kata Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang, M Irwansyah, disela proses pembongkaran bangunan tersebut.

Irwansyah mengatakan, sebelum pembongkaran, pihaknya sudah melakukan tindakan sesuai prosedur.

Misalnya, memberikan imbauan, peringatan termasuk solusi kepada pemilik untuk membongkar sendiri bangunan yang tak sesuai izin tersebut. Namun sampai saat ini ternyata tidak dilakukan.

“Hasil rapat koordinasi kemarin, pemilik menyatakan tidak mampu untuk membongkar. Maka kami akhirnya yang melakukan pembongkaran. Pembongkaran tidak keseluruhan, hanya dilakukan pada bangunan yang dianggap menyalahi aturan saja. Bangunan ini memang sudah berizin, tapi dibangun tak sesuai izin yang kami keluarkan,” kata Irwansyah.

Sementara itu mandor proyek yang enggan menyebut namanya mengatakan, pemilik bangunan tersebut bernama Bambang dan saat ini masih berada di Yogyakarta.

“Soal izin kami tidak tahu, kami hanya mengerjakan pembangunan fisik rumah,” katanya, sambil mengemasi alat-alat pertukangan yang ada di sekitar lokasi.

Belasan pekerja yang sedang merampungkan proses pembangunan pun tak kuasa melarang alat berat yang memporakporandakan sebagian bangunan, karena pihak Pemerintah Kota Semarang menunjukkan pelanggaran izin bangunan.

Situasi kondusif selama proses pembongkaran bangunan tersebut. Pembongkaran dilakukan tenaga bongkar dan diamankan beberapa petugas Satpol PP Kota Semarang. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *