Sekda: Jangan Terlambat dan Hati-hati Input Data

SEMARANG (Asatu.id) – Untuk mendukung pelaksanaan peraturan gubernur tentang sistem E-SHB atau sistem yang dipakai dalam proses penyusunan standardisasi harga barang Provinsi Jawa Tengah pada 2020, telah terbentuk tim penyusun E-SHB yang diketuai Sekda Jateng Sri Puryono.

Saat memberikan pembekalan kepada tim di ruang rapat Sekda Jateng, Selasa (14/5), Sekda Sri Puryono menyampaikan, sistem E-SHB terdiri dari empat komponen user, yaitu superadmin yang bertugas mengelola user dan waktu input di aplikasi E-SHB, tim verifikasi yang bertugas menganalisa data usulan, memberikan saran dan memutuskan usulan standardisasi harga dan biaya dari setiap SKPD.

Kemudian user input (SKPD), memiliki tugas memasukkan data usulan standardisasi yang akan digunakan untuk penyusunan RAB. Dan tim ahli, memiliki tugas menganalisis data usulan dan memberikan saran kepada tim verifikasi untuk penyusunan standardisasi harga dan biaya.

Menurutnya, di era digital, sarana dan prasarana di Jateng harus ada dan mumpuni.

“E-SHB ini kan sudah terintegrasi dengan E-Planing dan E-Budgeting, sehingga menjadi pedoman menyusun RKA Provinsi Jateng. Saya berpesan, ketika input data jangan terlambat, lakukan dengan cermat dan hati-hati ketika membuat keputusan,” tandasnya.

Kepala Biro Umum Setda Jateng Edy Supriyanta menambahkan, E-SHB 2019 dapat dipergunakan seluruh SKPD di lingkup Pemprov Jateng dengan mudah. Karena hanya membutuhkan koneksi internet.

“Tentunya bisa diakses setiap waktu, setiap tempat secara real time,” ujarnya.

Edy menambahkan, E-SHB ini merupakan pengembangan aplikasi E-SHB dari versi sebelumnya yang kini lebih lengkap dan mudah digunakan, serta mampu meminimalisasi terjadinya banyak tindak korupsi.

“Misalnya juga untuk meminimalisasi terjadinya mark up harga suatu barang. Selain itu, menjadi solusi bagi SKPD yang selama ini kesulitan mempunyai data standardisasi harga barang dan belum tersedia secara online,” terangnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *