Lagi, Polimarin Siap Kirimkan Taruna Magang di Kapal Asing

SEMARANG (Asatu.id) – Program pengiriman taruna magang di kapal asing, kembali akan dilakukan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang. Kali ini rencananya ada empat taruna lagi yang siap melakukan program itu.

Menurut Direktur Polimarin Semarang, DR Sri Tutie Rahayu, sebelumnya pihak Polimarin sudah pernah mengirim tiga taruna magang ke kapal asing.

“Tahun lalu kami mencoba untuk mengikuti seleksi program magang di kapal asing yang berlayar di perairan Indonesia maupun Eropa. Sekarang ada tiga dan akan menyusul empat yang akan dikirimkan dan sudah berhasil lolos seleksinya,” kata Dr Sri Tutie Rahayu, Kamis (2/5).

Bagi Polimarin yang baru berusia tujuh tahun, tentu prestasi ini sangat membanggakan. Sebab untuk bisa mencapainya bukan hal mudah, berlayar terlebih di kapal-kapal asing menjadi impian setiap taruna sekolah pelayaran.

“Ini bukan hal yang gampang. Tentu saja kompetensi sangat penting namun demkian yang tidak kalah penting adalah karakter dan bahasa,” imbuhnya

Dr Sri Tutie Rahayu menambahkan, kemampuan berbahasa asing mendapat perhatian khsusus. Polimarin dalam waktu dekat berencana akan menjalin kerjasama dengan Cambridge University untuk meningktakan kemampuan berbahasa.

“Insyallah pada tahun ini, sehingga pada saat taruna masuk itu sudah test by Cambridge. Juga untuk kelas internasinal. Nantinya juga seluruh pengajar akan kami trainingkan terkait dengan bahasa,”  kata Sri Tutie Rahayu yang didampingi Ketua Senat Polimarin Semarang, Untung Budiarso dan para staf pengajar sambil memperkenalkan ruang simulator kapal.

“Mesin simulator ini, tahun 2015 diupgrade sofware versi baru, dari AMS 5000 jadi AMS 6000 sehingga dari sisi gambar dan pencahayaan lebih jelas dan terang. Gambar lebih akurat, merupakan simulator tipe A sehingga sudah bagus, sekolah pelayaran atau maritim diwajibkan memiliki simulator,” tuturnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *