Walikota Terus Dorong Peningkatan Layanan Kesehatan di Kota Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Walikota Semarang, Hendrar Prihadi berkomitmen akan terus meningkatkan layanan kesehatan di Kota Semarang. Salah satunya yakni dengan mengadopsi tren revolusi industry 4.0.

Komitmen tersebut pun ditunjukkan dengan menginisiasi berbagai inovasi pelayanan kesehatan, melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang.

“Perkembangan revolusi industri 4.0 di bidang kesehatan akan memudahkan pelayanan, baik melalui pemutakhiran hardware, perancangan software untuk dapat lebih sederhana digunakan, atau juga dengan membangun sistem kontrol pelayanan,” katanya, dalam Rapat Kerja Kesehatan Kota Semarang di Hotel Pesonna Semarang, Senin (29/4).

Lebih lanjut, Hendi sapaan akrab Walikota itu mengungkapkan, meski pihaknya mendorong adanya inovasi dalam hal pelayanan kesehatan, namun demikian bukan berarti tidak mengedepankan kualitas pelayanan kesehatan itu sendiri.  Pasalnya Hendi mengingatkan jika kesiapan sumber daya manusia baik di dalam Pemerintah Kota Semarang maupun masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan, harus selalu menjadi pertimbangan terbesar.

“Maka sebelum melangkah terlalu jauh, pastikan aplikasi-aplikasi yang ada di Dinas Kesehatan hari ini, seberapa jauh dikenal masyarakat, pemakainya di kota semarang seberapa banyak. Itu harus menjadi evaluasi,” tandasnya.

Adapaun Dinas Kesehatan Kota Semarang sendiri pada saat ini telah memiliki sejumlah sistem serta aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Di bawah kepemimpinan Hendi sebagai Wali Kota, Dinas Kesehatan Kota Semarang telah meluncurkan berbagai inovasi, antara lain Pustaka (Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang), Konter (Konsultasi Dokter), Ambulance Hebat, dan UHC (Universal Health Coverage).

Hendi pun mengungkapkan jika kemajuan pelayanan kesehatan di Kota Semarang tersebut tidak terlepas dari komitmen semua stakeholder dalam memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Jadi rumah sakit swasta, rumah sakit pemerintah, NGO, BPJS, PMI, Kepala Dinasnya semuanya mencoba memberikan yang terbaik. Semuanya berperan bagaimana pelayanan agar berlangsung dengan baik,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *