Wagub Minta UKM Kerajinan Lebih Kreatif Berdayakan Usaha

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen berharap, dengan bertambahnya usia, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jateng diharapkan dapat semakin berkiprah dalam membina perajin, sehingga dapat bersaing di kancah global.

Hal itu ditandaskan Gus Yasin, panggilan akrab Wagub, saat memberikan sambutan pada acara  Pelantikan Pengurus Dekranasda Jateng Periode Tahun 2018-2023, Rakor Dekranasda se-Jateng dan Syukuran HUT Dekranasda ke-39 di Wisma Perdamaian, Selasa (23/4). Pelantikan pengurus dilakukan oleh Ketua Dekranasda Jateng, Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

“Guna mendorong industri kerajinan di Jawa Tengah yang berdaya saing, UKM kerajinan di Jawa Tengah harus lebih kreatif dalam memberdayakan serta mengembangkan usahanya. Potensi pengembangan sektor kerajinan masih sangat terbuka, bahkan untuk menembus pasar internasional. Apalagi setiap kabupaten kota di Jawa Tengah memiliki kekhasan tersendiri dari kerajinan yang dihasilkan,” ujar Gus Yasin.

Sementara Ketua Dekranasda Jateng, Siti Atikoh Ganjar Pranowo menambahkan, untuk mengakses modal perbankan, pelaku UMKM di bidang kerajinan dapat memanfaatkan program kredit yang murah yang diluncurkan Bank Jateng.

Contohnya, lanjut Siti Atikoh, program kredit Mitra Jateng 25 dengan plafon maksimal Rp25 juta dan suku bunga tujuh persen atau program kredit Mitra Jateng 02 dengan plafon maksimal Rp2 juta dengan suku bunga dua persen.

Selain itu, Atikoh juga ingin agar Dekranasda Jateng, kabupaten dan kota dapat berkoordinasi dengan baik dalam memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM kerajinan. Berkat sinergi yang baik, predikat Pembina Teladan Terbaik Dekranas Award berhasil disandang Pemprov Jateng.

“Alhamdulillah Provinsi Jawa Tengah itu tiga kali berturut turut mendapatkan pembina teladanan terbaik Dekranas Award pada tahun 2013, 2015, dan 2017. Yang terakhir diserahkan langsung oleh Ibu Negara disaksikan oleh Bapak Presiden. Ini adalah penghargaan sekaligus motivasi atau tantangan bagi kita semua bahwa predikat pembinan teladan terbaik untuk Dekranas Award dan dampaknya semestinya dirasakan langsung oleh pelaku usaha, perajin, dan masyarakat luas,” ujarnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *