Siti Atikoh: Begitu Besar Jasa Kartini bagi Perempuan Indonesia

SEMARANG (Asatu.id) – Istri Gubernur Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo, memperingati Hari Kartini dengan cara gowes bersama ratusan anggota komunitas Women Cycling Community (WCC), Minggu (21/4).

Peringatan kelahiran pahlawan emansipasi itu tidak berlangsung seperti biasanya. Siti Atikoh bersama Gubernur Ganjar Pranowo dan para peserta gowes lainnya tidak mengenakan pakaian khusus bersepeda. Mereka kompak mengenakan pakaian adat yang menambah semarak suasana. Siti Atikoh dan para perempuan-perempuan lain kompak mengenakan kebaya. Sementara Ganjar dan para peserta laki-laki lain, mengenakan kaos yang didesign khusus menyerupai beskap.

Sejak pukul 05.00, para peserta sudah kumpul di Wisma Perdamaian. Peserta kemudian start dengan berkeliling ke sejumlah destinasi wisata, seperti kawasan Kota Lama, Lawang Sewu, Kawasan Simpanglima dan finish di kantor Gubernur Jateng, Jl Pahlawan Kota Semarang. Para peserta tidak hanya datang dari Kota Semarang saja, tetapi juga dari berbagai daerah seperti Malang, Surabaya, Jakarta dan daerah lain.

Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan, peringatan Hari Kartini dengan cara gowes mengenakan kebaya sengaja dilakukan untuk mengenang jasa-jasa Ibu Kartini.

“Begitu besar jasa Kartini kepada perempuan-perempuan di Indonesia. Berkat perjuangannya, perempuan Indonesia saat ini memiliki kesempatan mengaktualisaiskan dirinya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti sosial, politik maupun budaya,” kata dia.

Atikoh juga berpesan kepada perempuan-perempuan modern saat ini untuk meneladani perjuangan Kartini. Sebagai Kartini modern, perempuan-perempuan Indonesia saat ini dituntut cerdas, mandiri, sehat dan bahagia.

“Dengan begitu, maka perempuan Indonesia dapat mengaktualisaiskan dirinya dan memberikan pengaruh positif kepada masyarakat, bangsa dan negara. Untuk meneladani perjuangan Kartini, perempuan Indonesia harus bisa bermafaat bagi dirinya, keluarganya dan bangsanya,” tutupnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *