Wali Kota Semarang Ajak Seluruh Warga Salurkan Hak Suara pada Pemilu 2019

Wali Kota Semarang Ajak Seluruh Warga Salurkan Hak Suara pada Pemilu 2019SEMARANG (Asatu.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak seluruh masyarakat Kota Semarang untuk dapat menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan besok Rabu (17/4).

“Harapannya angka partisipasi bisa mencapai 70 persen lebih,” katanya usai melakukan tinjauan langsung di sejumlah TPS di Kota Semarang, Selasa (16/4).

Adapun TPS yang menjadi tujuannya antara lain berada di wilayah Kecamatan Tugu, Mijen, Gunungpati, dan Banyumanik.

Lebih lanjut, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut mengiatkan, agar para panitia pemungutan suara dapat mengantisipasi terjadinya hujan pada hari pencoblosan.

Hal itu diungkapkannya sesuai informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, yang memprediksi akan terjadi cuaca berawan hingga hujan ringan mulai pagi pada tanggal 17 April 2019. Untuk itu Hendi pun meminta agar beberapa TPS dapat disiapkan tenda jika diperlukan, agar tidak ada hambatan dalam proses pencoblosan.

“Menurut BMKG besok berpotensi hujan, karena itu saya minta kepada beberapa KPPS untuk bisa siapkan tenda. Kalau potensi banjir saya kira tidak, tapi tetap ada beberapa TPS yang digeser untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang mungkin bisa menghambat proses pemungutan suara,” tegasnya.

Di sisi lain, terkait antisipasi adanya hambatan dalam pemungutan suara, Hendi juga meminta seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di TPS dapat menegur jika ada pemilih yang terlalu lama berada di bilik suara.

“Saya kira hampir separuh pemilih besok datang ke TPS dengan sudah memiliki pilihan. Sehingga saya rasa setiap pemilih seharusnya maksimal hanya 3 menit. Kalau ada yang melebihi waktu itu, saya minta untuk KPPS bisa menegur dengan halus, menanyakan siapa tahu memerlukan bantuan,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *