Pelaku UKM Sulit Urus IMB, Ganjar: Saya Kawal, Seminggu Selesai

DEMAK (Asatu.id) – Ratusan masyarakat Kabupaten Demak yang hadir dalam acara silaturahmi dan penyerahan bantuan Gubernur di Pendopo Demak, dibuat terkejut dengan sikap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Bagaimana tidak, saat ada masalah yang mengemuka dalam forum, Ganjar dengan sigap langsung menyelesaikan persoalan itu.

Hal itu terbukti saat seorang pelaku UMKM bernama Dwi Endah maju ke depan. Setelah memamerkan produk UMKM milik Forum UMKM Demak, Endah wadul tentang kesulitan yang dihadapi pelaku UMKM.

“Pak Gubernur, pelaku UMKM sekarang kesulitan. Soalnya mau urus izin Industri Rumah Tangga (IRT) harus punya Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Lha itu kami kesulitan, baik dari segi biaya dan waktu,” kata Endah.

Menanggapi hal itu Ganjar langsung menerangkan bahwa tidak ada izin yang sulit saat ini di Jawa Tengah. Semua izin dilayani dengan mudah, murah dan cepat.

“Masa sulit, tidak lah. Sekarang urus izin semua mudah. Memang tidak bisa gratis karena itu sudah ada undang-undang yang mengaturnya, itu kan masuknya ke keuangan daerah,” jawab Ganjar.

Dari segi waktu, Ganjar memastikan pengurusan IMB tidak membutuhkan waktu lama. Ia bahkan langsung memanggil Dinas DINPM PTSP untuk mendampingi.

“Ini sudah ada dari dinas, silakan diurus. Karena anggotanya banyak, silakan diurus secara kolektif dengan satu penanggungjawab. Saya sendiri yang akan pantau, seminggu selesai. Kalau ada apa-apa lapor ke saya,” tegas Ganjar disambut tepuk tangan warga.

Ditemui usai acara, Dwi Endah mengatakan, anggota Forum UMKM Demak berjumlah ribuan orang. Dari jumlah itu, masih banyak yang belum mendapat IRT karena kendala IMB itu.

“Soalnya sekarang pengurusan semua izin harus ada IMB nya. Banyak yang kesulitan mendapatkan ijin itu, karena butuh biaya dan waktu untuk mengurusnya,” ucapnya.

Dengan dibantu oleh Ganjar, dirinya mengaku sangat senang. Ia tidak menyangka, keluhannya itu langsung ditanggapi oleh orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

“Sangat senang sekali, tidak menyangka langsung diselesaikan. Ini tadi langsung ditemukan dengan dinas dan katanya mau dikawal langsung pak Ganjar,” pungkasnya.

Dalam acara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat Demak, baik untuk perseorangan maupun instansi. Bantuan-bantuan yang diberikan meliputi bantuan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, lingkungan dan bantuan modal serta pelatihan-pelatihan. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *