Pangdam IV : TNI-Polri Siap Antisipasi Kerawanan Pemilu 2019 

SEMARANG (Asatu.id) – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi SE MM menghadiri  Halaqoh Ulama yang bertema ” Menjaga Jawa Tengah Tetap Kondusif Jelang dan Pasca Pemilu 2019″ di Hotel Laras Asri Jl Jendral Sudirman No. 335 Kota Salatiga, Kamis (11/4).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Provinsi Jateng tersebut, Pangdam juga bertindak sebagai pemateri “Antisipasi Kerawanan Jelang Pencoblosan Pemilu 2019”.

Di hadapan peserta Halqoh, orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro itu menegaskan, bahwa TNI dan Polri di wilayah Jateng dan DIY sudah mengatisipasi berbagai kerawanan menjelang, pada saat hingga pasca pencoblosan Pemilu 2019.

“Kita sudah melaksanakan Latihan Simulasi Pemilu 2019, dimulai dari kemampuan perorangan untuk membantu kepolisian. Kita sudah melaksanakan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), 18 Maret 2019 lalu. Kita juga telah mengecek sejauh mana kesiapan TNI dan Polri dalam mengamankan Pemilu 2019, untuk mengecek kelengkapan dan kesiapan personel yang digelar di Solo, 5 April 2019”, ungkapnya.

Dia menegaskan TNI dan Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan komponen masyarakat.

“Kita semua harus waspada terhadap semua kemungkinan yang akan terjadi terutama terhadap ancaman kolonialisme dan komunisme,” tegasnya.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat, telah berdampak kepada munculnya ancaman baru berupa berita bohong (hoax). Celakanya, masyarakat akan merasa bangga bila dirinya mengetahui lebih dulu, sehingga ia akan sesegera mungkin melempar informasi yang diterima ke Medsos. Hal inilah yang yang perlu kita waspadai bersama.

“Apabila mendapat informasi/berita yang kurang tepat kita harus konfirmasi dulu kebenarannya. Jangan mudah membagi berita hanya untuk dikatakan menjadi yang pertama mengetahui,” tuturnya.

Holaqoh Ulama yang diikuti sekitar 150 orang itu juga dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono MM Mhum, Ketua MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi, Danrem 073/MKT Kol Arm Moch Erwansjah SIP MHum, pejabat TNI,Polri dan MUI Jateng. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *