NYIA Tumbuhkan Perekonomian Wilayah Selatan Jateng

JAKARTA (Asatu.id) – Pertumbuhan ekonomi di selatan Jateng semakin bertumbuh dengan adanya bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, saat acara talkshow dengan tema ‘Bandara NYIA dan Perekonomian Jateng’ di Studio I MetroTV, Jakarta Barat, Kamis (11/4).

Dalam acara itu, ia menekankan bahwa ekonomi yang bertumbuh itu sangat membantu usaha kecil dan menengah masyarakat. Karena, akses menuju selatan tidak hanya datang dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang tapi juga dari NYIA.

“Bandara NYIA itu sangat membantu dan mendorong perekonomian di selatan Jateng seperti Purworejo, Temanggung, Wonosobo, dan Magelang,” kata Politikus PDI Perjuangan itu.

Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah di selatan Jateng tersebut ikut mendukung pertumbuhannya. Dicontohkan proses perizinan usaha atau investasi harus bisa dipermudah melalui regulasi yang jelas.

“Regulasi soal perizinan perlu dibenahi sehingga usaha masyarakat ataupun investor bisa masuk dengan mudah. Seperti usaha perhotelan dan wisata,” harapnya.

Diharapkan pula, masyarakat di selatan Jateng harus siap untuk berbenah dan lebih menggiatkan usaha ekonominya. Ia mencontohkan Kabupaten Purworejo merupakan daerah terdekat dengan NYIA, yang diharapkan bisa semakin maju.

“Purworejo merupakan daerah paling dekat dengan bandara itu. Diharapkan, masyarakat setempat bisa ikut berbenah sehingga daerahnya juga maju,” terangnya, sembari menegaskan, NYIA tidak hanya meningkatkan perekonomian DIY tapi juga memicu peningkatan ekonomi daerah selatan Jateng. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *